web analytics
  

[Cek Fakta] Tersambar Petir tapi Masih Hidup, Punggung Orang Ini Berubah?

Kamis, 10 September 2020 13:03 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Nasional, [Cek Fakta] Tersambar Petir tapi Masih Hidup, Punggung Orang Ini Berubah?, Tersambar Petir,tersambar petir masih hidup,petir mengerikan,foto tersambar petir,hoaks petir

Beredar unggahan foto di Instagram yang mengklaim seorang pria tersambar petir tapi masih hidup. Akibatnya, punggung seorang pria tersebut mengalami perubahan, seolah terdapat garis dan luka memar (Turnbackhoax.id)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Beredar unggahan foto di Instagram yang mengklaim seorang pria tersambar petir tapi masih hidup. Akibatnya, punggung seorang pria tersebut mengalami perubahan, seolah terdapat garis dan luka memar.

Foto tersebut sempat diunggah akun Instagram unik_info pada 14 Juli 2020. Unggahan tersebut telah disukai 1.971 akun. Namun, unggahan gambaran seseorang tersambar petir itu kini telah dihapus.

Dalam foto tersebut ditambahkan teks sebagai berikut, "Jika kalian cukup beruntung masih hidup setelah tersambar petir, kemungkinan besar badan kamu akan terlihat seperti ini."

Adapun akun tersebut memberikan narasi sebagai berikut, “Jadi kayak tato gt ngeri ya guys… Ada yg tertarik untuk mencobanya? (Canda guys hehe )

Lantas, benarkah foto tersebut merupakan foto dari sosok yang masih hidup setelah tersambar petir?

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id, foto punggung seseorang yang terdapat garis dan luka memar, disertai klaim bahwa seseorang tersebut beruntung masih hidup setelah tersambar petir adalah klaim yang salah.

Foto itu bukan tampilan orang yang masih hidup setelah tersambar petir. Foto punggung seseorang yang terdapat garis dan luka memar itu adalah salah satu hasil Prosthetic Makeup atau FX Prosthesis untuk lukisan tubuh bagian belakang zombie.

Prosthetic Makeup atau FX Prosthesis adalah proses menggunakan teknik pahatan, pencetakan, dan pengecoran prostetik untuk menciptakan efek kosmetik tingkat lanjut. (Turnbackhoax.id)

Foto yang sama, diunggah akun gorkafx di situs deviantart.com pada 3 November 2004 dengan judul “Prothesic makeup 7” dan deskripsi foto itu adalah “Back bodypainting of a zombi”. Di keterangannya, foto tersebut diambil pada 10 Januari 2003.

Prosthetic Makeup atau FX Prosthesis adalah proses menggunakan teknik pahatan, pencetakan, dan pengecoran prostetik untuk menciptakan efek kosmetik tingkat lanjut.

Dengan begitu, konten foto dengan teks “Jika kalian cukup beruntung masih hodup setelah tersambar petir, kemungkinan besar badan kamu akan terlihat seperti ini” yang diunggah akun unik_info pada 14 Juli 2020 adalah konten yang salah.

Sumber: Turnbackhoax.id
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers