web analytics
  

Kabupaten Cirebon Konfirmasi 53 Kasus Covid-19, 12 di Antaranya ASN

Kamis, 10 September 2020 07:35 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Kabupaten Cirebon Konfirmasi 53 Kasus Covid-19, 12 di Antaranya ASN, Berita Cirebon,Cirebon Hari Ini,Cirebon,Corona Cirebon,COVID-19

Ilustrasi rapid test Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon tercatat menjadi 418 kasus menyusul deteksinya 53 kasus baru. Sebanyak 12 kasus di antaranya merupakan aparatur sipil negara (ASN) dari beragam instansi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengungkapkan, ke-53 kasus baru merupakan hasil akumulasi tes usap yang dilaksanakan pada akhir Agustus sampai awal September 2020.

"Ada penambahan 53 kasus dari hasil tes usap akhir Agustus hingga awal September yang ditarget 20.000 tes. Bukti bukti fisik hasil konfirmasi dan KTP-nya baru kami terima sekarang dari laboratorium," jelasnya, Kamis (10/9/2020).

Dia memastikan, jumlah kasus baru itu belum termasuk hasil tes usap bagi ASN di lingkungan Pemkab Cirebon yang dilakukan awal pekan kemarin. Pihaknya belum menerima bukti fisik dari laboratorium untuk ini.

Dia menerangkan, ke-53 kasus baru itu merupakan hasil penelusuran (tracing) atas kasus konfirmasi positif sebelumnya, di antaranya dari kluster Suranenggala, Tengah Tani, maupun pasien yang kini dirawat di rumah sakit.

"Dari 53 kasus ini, ada 12 ASN," ujarnya.

Mereka di antaranya tenaga kesehatan (nakes) pada puskesmas dan rumah sakit, serta dari instansi pemerintahan lain di Pemkab Cirebon.

Khusus kasus nakes, dia meyakinkan, upaya penelusuran langsung dilakukan terhadap yang bersangkutan dalam waktu 1x24 jam.

Karena itu, dia menjamin, meski hasil fisik konfirmasi dari laboratorium baru diterima kini, pihaknya telah melakukan treatment atau pengobatan/perawatan terhadap nakes tersebut.

"Setiap kali mendapat informasi (nakes) yang positif, kami langsung koordinasi dengan puskesmas. Walaupun memang hasil fisiknya baru sekarang, tapi treatmentnya sudah kami lakukan," tegasnya.

Dengan penambahan 53 kasus baru, sejauh ini total pasien positif di Kabupaten Cirebon mencapai 418 kasus. Rinciannya, 19 pasien meninggal dunia, 269 pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri, dan 130 pasien pulih.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers