web analytics
  

Ridwan Kamil Minta KPU Tegas Tindak Peserta Pilkada yang Langgar Protokol

Rabu, 9 September 2020 17:25 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Ridwan Kamil Minta KPU Tegas Tindak Peserta Pilkada yang Langgar Protokol, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Klaster Pilkada,Pelanggaran Protokol Kesehatan,Pandemi Corona,Bandung Hari Ini

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar bersikap tegas terhadap para bakal pasangan calon kepala daerah di Jabar yang melanggar protokol kesehatan. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar bersikap tegas terhadap para bakal pasangan calon kepala daerah di Jabar yang melanggar protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan demi menghindari adanya klaster penyebaran Covid-19 dalam proses Pilkada.

"Di Jabar koordinasi dengan KPU sudah diperketat, akan ditingkatkan. Semoga KPU bisa lebih tegas dalam memberi sanksi-sanksi yang membuat efek jera," ungkapnya dalam konferensi pers daring, Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan, dirinya sejauh ini juga sudah memberikan sanksi kepada para bakal pasangan calon yang kedapatan melanggar protokol kesehatan. Sejumlah peseta pilkada tersebut diketahui melanggar protokol dengan mengundang kerumunan pada masa pendaftaran.

"Sudah saya kirimkan teguran tertulis buat calon yang masuk daftar teguran dari Kemendagri karena melanggar protokol kesehatan, bawa arak-arakan saat pendaftaran," ungkapnya.

"Ini jadi pelajaran, kita rapatkan dengan Kapolri ddan Mendagri, salah satunya bahas penguatan protokol kesehatan, Jangan sampai ada klaster pilkada yang datang dari kumpul-kumpul berkerumun," katanya.

Meski demikian, sejauh ini belum mendapat laporan lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaan kesehatan para bakal pasangan calon. Hingga saat ini tidak ada peserta pilkada di Jabar yang dinyatakan positif Covid-19.

"Saya belum dengar ada calon di pilkada Jabar yang terpapar. Hari ni belum ada kabar, mudah-mudahan memang tidak ada," ungkapnya.

Adapun para bakal pasangan calon saat ini tengah menjalani pemeriksaan kesehatan--termasuk swab test--di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Pemeriksaan dilakukan secara bertahap mulai Senin (7/9/2020).

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers