web analytics
  

Lengkong, Kecamatan dengan Persentase Balita Stunting Tertinggi di Kota Bandung

Rabu, 9 September 2020 11:05 WIB Tri Joko Her Riadi
Bandung Raya - Bandung, Lengkong, Kecamatan dengan Persentase Balita Stunting Tertinggi di Kota Bandung, Stunting,Stunting Kota Bandung,Lengkong,Kecamatan Lengkong

Ilustrasi (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lengkong tercatat sebagai kecamatan dengan persentase bayi di bawah lima tahun (balita) stunting tertinggi di Kota Bandung, yakni 14,35 persen atau sebanyak 390 bayi.

Jumlah balita stunting di Lengkong sebenarnya lebih sedikit dibandingkan jumlah bayi stunting di Cibiru dan Bojongloa Kaler. Namun, jumlah penduduk yang lebih sedikit membuat Kecamatan Lengkong memiliki persentase bayi stunting lebih tinggi dari keduanya.

Berdasarkan Profil Kesehatan Kota Bandung 2019 yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung, diketahui persentase balita stunting di Kecamatan Cibiru adalah 13,18 persen atau sejumlah 590 bayi. Menyusul kemudian, Bojongloa Kaler dengan 11,50 persen atau sejumlah 458 bayi.

Angka balita yang dijadikan acuan merupakan hasil kegiatan rutin bulan penimbangan balita (BPB). Tercatat, penimbangan melibatkan 124.319 bayi atau sekitar 63,2 persen dari total jumlah balita di Kota Bandung sebanyak 196.530 bayi.

Dengan persentese penimbangan balita yang masih jauh dari 100 persen ini, dimungkinkan adanya balita-balita stunting lain yang belum tercatat. Dampak lebih jauh lagi, akibat basis data yang belum akurat, sulit dilakukan program-program intervensi untuk menanggulangi masalah stunting secara lebih efektif.  

Stunting terjadi akibat kegagalan pemenuhan gizi secara memadai di seribu hari pertama kehidupan bayi yang mencakup 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pertama setelah bayi dilahirkan. Periode ini diyakini oleh para peneliti sebagai periode emas yang sangat menentukan kualitas hidup seseorang di masa mendatang. Tidak hanya di Kota Bandung, stunting masih menjadi masalah Kesehatan utama di Jawa Barat dan Indonesia.  

Editor: Tri Joko Her Riadi

artikel terkait

dewanpers