web analytics
  

4 Dampak Negatif Menonton Drakor untuk Kesehatan Mental

Rabu, 9 September 2020 10:14 WIB Andres Fatubun
Gaya Hidup - Sehat, 4 Dampak Negatif Menonton Drakor untuk Kesehatan  Mental, Drakor,Drama Korea (Drakor),Film Drama Terbaik,Drama

Drama Korea Itaewon Class. (Asianwiki)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Drama Korea banyak digemari oleh banyak kalangan. Mulai dari remaja hingga dewasa, karena ceritanya yang menarik. Tidak hanya menghibur, drama Korea ternyata juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental. 

Meski demikian, terlalu banyak menonton drama Korea bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan pikiran dan tubuh. 

Berikut ini adalah dampak negatif dari kebiasaan menonton drama Korea secara berlebihan:

1. Kecanduan atau terobsesi
Menonton drama Korea ternyata bisa membuat Anda terobsesi, baik dengan cerita drama itu sendiri atau dengan pemerannya. Saat terobsesi, Anda mungkin sulit untuk berhenti memikirkannya atau bahkan tidak sabar menunggu kelanjutan ceritanya.

Hal ini secara tidak langsung bisa memengaruhi kondisi emosional Anda dan berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari.

2. Lupa dengan lingkungan sekitar
Menonton drama Korea bisa membuat Anda malas beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain, bahkan dengan keluarga sendiri. Padahal, hubungan dan interaksi sosial Anda dengan orang sekitar tetap penting untuk selalu dijaga.

3. Kurang tidur
Terlalu asik menonton drama Korea sering kali membuat Anda rela begadang dan mengurangi waktu tidur. Padahal, kebiasaan ini jelas tidak baik karena dapat menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti depresi, gangguan cemas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

4. Dampak kurang gerak
Selain berbagai kondisi di atas, terlalu lama menonton drama Korea juga bisa menyebabkan sakit punggung dan gangguan pada aliran darah karena terlalu lama duduk.

Jika Anda gemar nonton drama Korea, jangan lupa untuk istirahat, makan, dan tidur yang cukup. Jangan sampai hal yang membuat Anda senang ini justru memicu masalah kesehatan dan berdampak buruk pada kehidupan Anda sehari-hari.

Jika Anda sudah merasa sangat kecanduan menonton drama Korea hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau membuat Anda malas beraktivitas, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk menemukan solusinya.

Sumber: Alo Dokter
Editor: Andres Fatubun
dewanpers