web analytics
  

Uang BLT Tahap 2 Belum Semua Cair karena Prosesnya Masih 46,2%

Rabu, 9 September 2020 09:19 WIB Aini Tartinia
Umum - Nasional, Uang BLT Tahap 2 Belum Semua Cair karena Prosesnya Masih 46,2%, Rekening BSU,BSU Batal cair,Bantuan Langsung Tunai (BLT),BPJAMSOSTEK

BP Jamsostek (Tri Junari)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah menerima data calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) sebanyak 3,5 juta dari BPJamsostek untuk tahap ketiga.

Serah terima data ini sebagai tindak lanjut serta pelengkap data penerima BSU yang telah dilakukan oleh BPJamsostek sebelumnya.

Menteri Ketenagakerjaan, IdaFauziyah, membeberkan pada tahap pertama subsidi upah telah disalurkan kepada penerima sebanyak 2,3 juta atau 92,45%, dari total calon penerima sebanyak 2,5 juta orang.

"Sedangkan tahap kedua, jumlah subisidi upah yang sudah tersalurkan sebanyak 1,3 juta atau 46,20% dari total calon penerima sebanyak 3 juta orang," kata Menaker Ida Fauziyah dalam siaran pers virtual, Selasa (8/9/2020).

Lebih lanjut, Ida menjelaskan dengan adanya 3,5 juta data yang diserahkan BPJamsostek, maka total data calon penerima subsidi upah dari tahp pertama, kedua dan ketiga adalah 9 juta rekening peserta.

"Saat ini, data yang diterima dari tahap pertama dan kedua sebagian telah berhasil disalurkan kepada penerima dan sebagian lainnya masih dalam proses," ujarnya.

Dia menambahkan, mekanisme penyaluran BSU atau BLT tahap ketiga masih sama dengan tahap sebelumnya. Data yang telah diserahterimakan akan dilakukan check list oleh Kemnaker terlebih dahulu.

Sesuai dengan petunjuk teknis, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memiliki waktu 4 hari untuk melakukan check list. Setelah dilakukan check list, data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

"Lalu, (KPPN) menyalurkan uang subsidi upah tahap ketiga kepada bank Penyalur, yakni bank yang masuk menjadi anggota Himbara yakni Bank Mandiri, BRI, BTN, dan BNI,"

Selanjutnya, bank-bank Himbara akan menyalurkan uang subsidi upah ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank Himbara, maupun rekening bank swasta lainnya.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers