web analytics
  

Kebakaran Hutan Hanguskan Gunung Tangkuban Parahu

Selasa, 8 September 2020 20:04 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Kebakaran Hutan Hanguskan Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Tangkuban Parahu,Kebakaran Hutan

Ilustrasi-- Kebakaran. (Pixabay)

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Kebakaran melanda hutan Gunung Tangkuban Parahu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada Selasa (8/9/2020) sore. 

Belum diketahui lokasi tepat dan material yang terbakar, namun nyala api terlihat hingga puluhan kilometer. Masyarakat dan petugas Perhutani Bandung Utara tengah bergegas menuju titik kebakaran.

Titik api berwarna kemerahan terlihat dari Kecamatan Parongpong, KBB. Warga setempat mengabadikan kebakaran tersebut dengan rekaman video maupun foto yang kemudian beredar di media sosial. 

Administratur Perhutani Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara Komarudin membenarkan terjadi bencana kebakaran hutan di sekitar Tangkuban Parahu. Namun ia belum bisa memastikan lokasi pasti keberadaan titik api tersebut.

"Kami baru dapat informasinya tadi setelah magrib, jadi belum diketahui kejadiannya jam berapa. Titik koordinat pasti titik apinya juga belum ada karena anggota dan masyarakat sedang naik ke atas, sinyal juga terbatas," ungkap Komarudin saat dihubungi.

Anggota Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat yang sedang menuju ke lokasi kebakaran diinstruksikan langsung melakukan pemadaman.

"Anggota dan LMDH sedang naik, nanti kalau sudah ketemu lokasinya akan dilakukan pemadaman dulu lalu laporan menyusul. Termasuk soal titik api, jam berapa kejadian awal, penyebabnya, dan luas area yang terbakar," tuturnya. 

Untuk melakukan pemadaman kebakaran di area yang cukup sulit dijangkau oleh kendaraan itu, anggota dan masyarakat dibekali peralatan jet shooter.

"Kalau ke lokasi seperti ini yang dibawa itu jet shooter, karena kalau APAR berat pastinya. Peralatan lainnya juga cangkul dan golok," jelasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers