web analytics
  

Ridwan Kamil Dorong Pemuda Kembali ke Desa

Selasa, 8 September 2020 19:48 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Ridwan Kamil Dorong Pemuda Kembali ke Desa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok Humas Pemprov Jabar)

ARJASARI, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong generasi muda kembali ke dasa untuk menjadi petani yang maju.

Gubernur yang akrab disapa Emil tersebut mengatakan, saat masa pandemi ini, sektor ketahanan pangan menjadi yang paling bisa bertahan dibanding sektor lainnya.

"Sektor ketahanan pangan khususnya pertanian, salah satu yang bisa tangguh saat pandemi covid-19. Makanya saya mendorong agar pemuda tetap tinggal di desa untuk bertani," tutur Emil saat pelepasan ekspor ubi jalar di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Selasa (8/9/2020).

Anak muda lanjut Emil, bisa menopang pertanian. Salah satunya dengan kemampuan digitalnya.

"Jika ingin memiliki rejeki kota, kuasai digital," ujarnya.

Teknologi kata Emil akan sangat berpengaruh terhadap proses penjualan hasil bumi. Sehingga sektor pertanian bisa menjadi andalan penghasilan dibanding harus ke kota mencari kerja di tengah pandemi seperti sekarang.

"Kami sedang mengkampanyekan petani dan peternak milenial yang berhaluan digital dalam pemasaran dan proses transaksinya," ujarnya.

Dengan cara seperti itu, diharapkan ketahanan pangan bisa terjaga dengan baik dan urbanisasi bisa dicegah. Masyarakat bisa berpenghasilan besar tanpa harus pergi ke kota untuk bekerja.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers