web analytics
  

Seleksi di Persib, Kakang Bekal Pelatihan di Garuda Select

Selasa, 8 September 2020 16:14 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Seleksi di Persib, Kakang Bekal Pelatihan di Garuda Select, pemain binaan Diklat Persib,Kakang Rudianto,Elite Pro Academy U-16 2019,Garuda Select

Pemain binaan Diklat Persib, Kakang Rudianto, membawa sejumlah bekal pengalaman saat menjalani seleksi di tim senior Persib. (Dokumentasi Persib)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pemain binaan Diklat Persib, Kakang Rudianto, membawa sejumlah bekal pengalaman saat menjalani seleksi di tim senior Persib. Selain pernah berkompetisi Elite Pro Academy U-16 2019, Kakang tampil gemilang di barisan pertahanan Garuda Select saat mengikuti pelatihan di Inggris dan Italia.

Selama di bawah asuhan pelatih Des Walker, bek tengah kelahiran Cianjur itu mengaku mendapatkan banyak hal. Saat bergabung bersama Garuda Select, Kakang diberikan ilmu untuk bermain simpel sebagai seorang bek tengah. 

Dia juga dibekali pemahaman bahwa pemain yang beroperasi sebagai bek tengah harus cermat dan cepat dalam mengalirkan bola ke lini tengah. Dia pun optimistis ilmu yang didapatnya menjadi bekal berharga saat menjalani seleksi di tim senior.

"Yang dibawa ke sini ya arahan dari pelatih. Bermain simpel, dan kalau center back gak perlu ribet-ribet main, kasih saja," kata Kakang usai sesi latihan di Stadion GBLA, Selasa (8/9/2020).

Kakang merasakan ada perbedaan kultur sepak bola setelah pernah menjajal beberapa tim asal Italia dan Inggris bersama Garuda Select. Menurutnya, perbedaan tersebut terlihat dari pola permainan. Semisal, sepak bola Inggris dan Indonesia cukup keras dan mengandalkan kecepatan. Sementara itu, sepak bola Italia lebih bersabar dan mengandalkan kekuatan dalam bertahan.

"Kalau perbedaan seperti di Italia ya main ditunggu, sabar, posisi juga. Kalau di Inggris main ke depan dan main dari menit awal lebih keras. Jadi kita harus siap-siap menghadapinya. Kalau di sini (Indonesia) ya sama juga keras," ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers