web analytics
  

Buah Tin, Buah dari Surga yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Selasa, 8 September 2020 11:27 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Buah Tin, Buah dari Surga yang Berkhasiat untuk Kesehatan, buah tin,Kesehatan,Diabetes,Serangan Jantung,kadar kolesterol,hipertensi dan penyakit jantung koroner

Buah Tin yang terkenal sebagai buah dari surga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. (Unsplash/Heather Barnes)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Buah tin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena terbukti khasiatnya telah disebutkan dalam Al-Qur'an pada surat At-Tin. Buah tin adalah salah satu tumbuhan tertua di dunia yang berasal dari Timur Tengah. Meski begitu, buah ini dapat mudah kita temukan di Indonesia karena budidayanya yang terus berkembang.

Buah tin terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan nutrisi vitamin dan mineral. Inilah yang menjadi alasan mengapa para ahli menyebut buah ini sebagai buah super. Ada begitu banyak manfaat dari mengonsumsi buah tin.

1. Mengatasi hipertensi dan penyakit jantung koroner

Tekanan darah tinggi bisa muncul karena adanya penyempitan pembuluh darah. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya. Buah tin sangat baik dikonsumsi bagi penderita jantung koroner karena mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan mineral alami ini cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Buah tin terkenal sebagai jenis buah yang mengandung serat larut yang cukup baik. Menurut para ahli, kandungan serat larut bernama pektin dalam buah tin berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini karena ketika pektin masuk ke dalam tubuh, kandungan ini akan menyapu semua kolesterol dan menyimpannya melalui sistem ekskresi. Baik itu buang air besar, keringat, maupun ekskresi urine.

3. Mencegah serangan jantung

Serangan jantung menjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia. Setiap menitnya ada satu orang yang meninggal karena penyakit tersebut. Munculnya serangan jantung bisa disebabkan kadar natrium dalam tubuh yang cukup tinggi. Natrium ini akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Menurut penelitian, buah tin mengandung zat kalium tinggi yang bisa menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para ahli berpendapat, konsumsi buah tin minimal 1 kali sehari akan mengurangi resiko serangan jantung.

4. Baik untuk penderita diabetes

Buah tin baik dikonsumsi penderita diabetes karena kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula darah naik. Karena kandungan serat larut dan karbohidrat akan membantu menyerap gula dalam sistem pencernaan Anda secara optimal. Bahkan beberapa ahli menambahkan buah ini cukup efektif menurunkan diabetes, namun konsumsinya tidak boleh berlebihan.

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers