web analytics
  

3 Tempat untuk Menyimpan Sepeda di Mobil dan Risikonya

Selasa, 8 September 2020 09:30 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 3 Tempat untuk Menyimpan Sepeda di Mobil dan Risikonya , sepeda,mobil,cara mengangkut sepeda di mobil,cara menyimpan sepeda di mobil,tips sepeda,Tips Bersepeda

Ilustrasi sebuah mobil jenis SUV tengah mengangkut sepeda di kawasan Lloa, Ekuador. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Membawa sepeda di mobil sebaiknya tidak dianggap sepele. Hal ini cukup berisiko jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Mengutip laman Deltalube, Selasa (8/9/2020), pada dasarnya ada 3 lokasi yang tepat untuk menempatkan sepeda di mobil, yaitu kabin, atap, dan buritan mobil. Semua lokasi itu memiliki risiko masing-masing.

Di kabin

Demi meminimalisasi potensi mencederai penumpang, sebaiknya menggunakan 3 baris bangku. Sepeda ditempatkan di bangku baris ketiga yang dijadikan kompartemen.

Hal yang perlu dilakukan adalah melepas ban depan sepeda agar dimensi bodi sepeda lebih ringkas. Selain itu, perlu mengikat sepeda menggunakan strap atau tali pengikat agar sepeda tidak bergerak saat mobil bermanuver.

Di atap mobil

Cara ini bukan hal asing untuk dilakukan. Sebagai catatan, lebih aman dilakukan di mobil dengan bodi rendah seperti sedan atau hatchback.

Dibutuhkan alat pendukung untuk memasang sepeda, yakni bracket model hanger dan memposisikan sepeda dalam posisi berdiri menghadap depan.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah pengemudi harus selalu ingat bila sedang membawa sepeda di atap mobil. Hal itu dapat menghindari sepeda terbentur dengan objek lain. Seperti saat melewati portal atau pohon dengan dahan rendah.

Di buritan atau belakang mobil

Selain di atap, cara ini juga banyak dilakukan ketika membawa sepeda di mobil. Cara ini dinilai paling aman dan bisa diterapkan pada semua jenis mobil. Untuk menempatkan sepeda di buritan mobil juga membutuhkan bracket tambahan yang dinamai bracket model holded.

Hal yang harus dipastikan adalah sepeda di buritan mobil diikat dengan kuat menggunakan strap. Namun, hal yang perlu diwaspadai adalah bodi sepeda tidak melebihi lebar bodi mobil. Jika perlu lepaskan ban sepeda demi menghindari sepeda terbentur atau tersangkut ketika melewati jalan sempit.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers