web analytics
  

BMKG: Gempa Sukabumi Akibat Sesar Dasar Laut

Selasa, 8 September 2020 09:57 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Regional, BMKG: Gempa Sukabumi Akibat Sesar Dasar Laut, gempa sukabumi,Gempa Bumi,Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Lokasi gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi, Selasa (8/9/2020) pagi. Gempa ini terasa hingga Cimahi. (BMKG)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Gempa bumi yang melanda Wilayah Sukabumi, Selasa (8/9/2020) pagi, tepatnya pukul pukul 09:06:13 WIB tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho, gempa Sukabumi bermagnitudo 4.9.

“Episenter terletak pada koordinat 7.8 LS dan 106.5 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 90 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 10 kilometer,” katanya dalam keterangan resmi.

Gempa bumi Sukabumi kali ini, kata dia, termasuk gempa dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut di bagian lempeng Eurasia.  

Dampak gempa bumi Sukabumi

Menurut Hendro, berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan getaran terasa seakan-akan ada truk berlalu.

Di Cianjur gempa terasa dengan skala intensitas II-III MMI. Di Kota Bandung dan Cimahi gempa Sukabumi terasa dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Namun, hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Hingga pukul 09:35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” kata Hendro.

Hendro pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers