web analytics
  

Anggota Dewan KBB Minta Plt Kabag Keuangan Setwan Diganti

Senin, 7 September 2020 21:28 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Anggota Dewan KBB Minta Plt Kabag Keuangan Setwan Diganti, DPRD Kabupaten Bandung Barat

DPRD Kabupaten Bandung Barat. (Istimewa)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Komisi I DPRD Kabupaten Bandung Barat mempertanyakan kekosongan jabatan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan di Sekretariat Dewan (Setwan).

Pasalnya, sudah beberapa kali Pemkab Bandung Barat melakukan mutasi, rotasi dan pengisian jabatan namun untuk jabatan tersebut tak kunjung diisi.

"Sudah empat kali pelaksana tugas (plt) Kabag Keuangan  diperpanjang. Ini memang menjadi pertanyaan di antara anggota dewan, padahal di Pemkab Bandung Barat banyak pegawai negeri sipil ((PNS) yang berkualitas untuk menduduki jabatan Kabag Keuangan Setwan tersebut," kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bandung Barat Wendi Sukmawijaya saat dihubungi, Senin (7/9/2020).

Terkait dengan kekosongan jabatan kabag keuangan, lanjut Wendi, Komisi I mengeluarkan nota komisi yang disampaikan ke Pimpinan DPRD Kabupaten Bandung Barat. Hal itu dinilai urgen karena jabatan plt tersebut sudah empat kali diperpanjang.

"Kekosongan jabatan Kabag Keuangan menjadi salah satu poin dari nota Komisi 1 yang disampaikan kepada pimpinan DPRD. Memang di luar kewajaran dalam sebuah jabatan birokrasi sampai empat kali perpanjangan plt. Kecuali memang di Pemkab Bandung Barat tidak ada pejabat yang memenuhi kriteria normatif sehingga harus diambil kebijakan seperti itu," papar Wendi.

Diakuinya, terbitnya nota Komisi I atas masukan sejumlah anggota. Pasalnya tanpa Kabag Keuangan definitif mengganggu kinerja pelayanan Setwan Kabupaten Bandung Barat terhadap kinerja 50 anggota DPRD.

"Nota Komisi I disampaikan dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Bandung Barat. Maka dari itu, sekarang tindaklanjutnya berada di tangan pimpinan DPRD," tandasnya.

Berdasarkan catatan Ayobandung.com, selama hampir dua tahun masa pemerintahan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Hengki Kurniawan sudah delapan kali melakukan pelantikan.  

Terakhir pada 10 Juli 2020. Sebanyak 127 pejabat dilantik, terdiri dari 2 orang JPTP (jabatan pimpinan tinggi pratama), 31 orang  administrator dan 94 pengawas di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Dua pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik adalah Asep Dendih sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Heru Budi Purnomo sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers