web analytics
  

148 Kebakaran Terjadi di Kabupaten Bandung

Senin, 7 September 2020 18:33 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, 148 Kebakaran Terjadi di Kabupaten Bandung, Kebakaran,Kabupaten Bandung,korsleting listrik

Kebakaran. (pixabay)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan kebakaran terjadi di Kabupaten Bandung selama 8 bulan terakhir. Sebagian besar disebabkan oleh korsleting listrik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Sutarno Yono mengatakan, sejak Januari sampai Agustus, sebanyak 148 kebakaran terjadi di Kabupaten Bandung. Jumlah tersebut tidak termasuk kebakaran lahan yang akhir-akhir ini sering terjadi.

"Agustus merupakan kejadian terbanyak, mencapai 37 kejadian kebakaran baik rumah maupun gedung," tutur Sutarno, Senin (7/9/2020).

Pada Januari, Diskar Kabupaten Bandung mencatat 23 kejadian kebakaran. Kemudian pada Februari sebanyak 12 kejadian, Maret 19 kejadian, April 14 kejadian, Mei 9 kejadian, Juni 16 kejadian, dan Juli 18 kejadian.

Korsleting listrik merupakan penyebab kebakaran paling banyak. Sutarno mengatakan, 89 kebakaran disebabkan korsleting, sisanya disebabkan oleh gas bocor, puntung rokok dan penyebab lainnya.

"Memang korsleting itu penyebab utama kebakaran," imbuhnya.

Korsleting listrik terjadi disebabkan kelalaian manusia, seperti instalasi listrik yang menggunakan kabel tidak sesuai standar, maupun terlalu banyak sambungan yang dipasang sembarangan.

"Kami imbau agar masyarakat selalu melakukan pengecekan instalasi listrik. Hal ini yang menjadi kendala karena masyarakat jarang mau melakukan pengecekan," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers