web analytics
  

Kecerdasan Anak Dipengaruhi Lingkungan Hijau?

Senin, 7 September 2020 14:44 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Kecerdasan Anak Dipengaruhi Lingkungan Hijau?, kecerdasan anak,IQ anak,IQ,Intelegensi,Lingkungan hijau,stres,aktivitas sosial

Sejumlah siswa PAUD saat bermain di Taman Lansia, Kota Bandung, Senin (4/3/2019). Selain dapat mendekatkan antara satu sama lain, bermain di luar ruangan juga bermanfaat untuk mengembangkan intelegensi anak. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Anak-anak yang tumbuh di daerah lingkungan kurang hijau berisiko memiliki IQ yang lebih rendah. Demikian kata studi yang diterbitkan di PLOS Medicine.

Melansir dari Medical Xpress, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di daerah dengan sedikit tanaman hijau lebih banyak mengalami masalah kognitif. Sementara dalam studi ini, para peneliti menemukan bahwa tumbuh dengan lingkungan minim tanaman hijau akan memengaruhi kecerdasan anak.

Penelitian ini mengakses data IQ dari sebuah pencatatan dari studi tentang kelahiran kembar di Flanders Timur, Belgia. Para peneliti melakukan analisis data pada lebih dari 600 anak berusia 10 hingga 15 tahun. Mereka juga meneliti citra satelit untuk melihat kondisi wilayah anak-anak tinggal.

Ketika membandingkan anak-anak berdasarkan kedekatan mereka dengan area hijau, para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di area dengan sedikit tanaman hijau memiliki skor IQ sebanyak 3% lebih rendah.

Mereka mencatat bahwa perbedaan skor IQ tidak terkait pada tingkat ekonomi. Hal itu karena anak-anak di lingkungan menengah ke atas juga bisa mengalami penurunan IQ yang sama besarnya dengan anak-anak di daerah miskin.

Para peneliti juga menyatakan, anak-anak dengan IQ rendah akan lebih terpengaruh oleh lingkungan yang kurang hijau. 

Dalam penelitian ini para peneliti tidak menemukan bukti untuk menjelaskan mengapa lingkungan hijau dapat memengaruhi tingkat kecerdasan anak. Namun, mereka berasumsi bahwa ada kemungkinan pengaruh antara lingkungan hijau dengan tingkat stres dan aktivitas sosial.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers