web analytics
  

Gampang! Ini Cara Matikan Video Putar Otomatis di FB dan Twitter

Senin, 7 September 2020 12:42 WIB
Bisnis - Gadget, Gampang! Ini Cara Matikan Video Putar Otomatis di FB dan Twitter, facebook,Video yang diputar otomatis,Tips Facebook,Tips Twitter

Jika ingin menonaktifkan atau mematikan fitur video yang diputar otomatis, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah. (Unsplash)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Jika ingin menonaktifkan atau mematikan fitur video yang diputar otomatis, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah.

Pemutaran video otomatis adalah fitur yang, meskipun menyenangkan saat menampilkan konten yang terkait dengan minat pengguna, bisa jadi sangat mengganggu. Video putar otomatis juga bisa berbahaya, membuat pengguna terpapar konten kekerasan, menyinggung atau hal tidak diinginkan yang seharusnya tidak dilihat secara default.

Namun tidak perlu khawatir karena ada kiat untuk mengakhiri pemutaran video otomatis itu. Dilansir dari The Verge, Senin (7/9/2020), yang perlu diingat, pengguna perlu menyesuaikan pengaturan ini untuk setiap perangkat yang digunakan, karena preferensi pengguna pada, misalnya ponsel, tidak secara otomatis masuk ke PC.

Jika menggunakan Facebook di browser, pengguna bisa membuka menu drop-down di kanan atas halaman. Pilih “Settings & Privacy” kemudian “Setting”.

Cari daftar  “Video” di menu sebelah kiri. Di dalam opsi itu, terdapat pilihan yang dapat mematikan pemutaran video secara otomatis.

Facebook juga memiliki opsi serupa yang tersedia untuk aplikasi iOS dan Android. Untuk pengguna iOS, klik tombol menu di bagian bawah layar tersebut. Tap “Settings & Privacy”, lalu “Setting”. Gulir ke bawah hingga menemukan “Media and Contacts”, lalu tap “Videos and Photos”. Terakhir, setelah menemukan “Autoplay”, pengguna menonaktifkan fitur tersebut.

Bagi pengguna Android, klik menu di kanan atas layar. Setelah pengguna berada di sana, gulir ke bawah dan tap “Settings & Privacy”, lalu “Settings”.

Gulir ke bawah hingga pengguna menemukan “Media and Contacts” dan tap di atasnya. Tap “Autoplay” dan setel ke pilihan “Never Autoplay Videos”.

Bagi pengguna Twitter di browser mereka bisa mengeklik “More” di menu sebelah kiri dan pilih “Settings and Privacy”. Pilih “Data Usage”. Klik di pengaturan “Autoplay” dan pengguna bisa menonaktifkan pemutaran otomatis video di feednya.Pengguna iOS dan Android bisa mencoba cara klik gambar profil di bagian atas ponsel. Pilih “Setting and Privacy” di menu. Arahkan ke “Data Usage”, tap “Video Autoplay” dan setel ke “Never”.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers