web analytics
  

Pria Minum ASI untuk Bentuk Otot, Amankah untuk Kesehatan?

Senin, 7 September 2020 12:42 WIB
Umum - Internasional, Pria Minum ASI untuk Bentuk Otot, Amankah untuk Kesehatan?, ASI,Air Susu Ibu (ASI),Bolehkah minum ASI,Minum ASI untuk bentuk otot

Ilustrasi--ASI (shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Air susu ibu (ASI) salah satu sumber makanan tersehat dan kaya gizi. Tapi, metode kesehatan baru membuat sejumlah pria dewasa mencoba minum ASI untuk membangun massa otot mereka.

Minum ASI untuk membangun otot memang terdengar sebagai tren kesehatan yang aneh. Binaragawan dan penggemar kebugaran mengandalkan banyak manfaat kesehatan dari ASI untuk memperkuat ototnya.

Web docuseries menunjukkan salah satu binaragawan memanfaatkan ASI untuk membangun ototnya. JJ Ritenour, binaragawan itu mengaku mendapatkan nutrisi terbaik dan lebih bugar karena minum ASI.

"Apa masalahnya? Saya ingin tumbuh dan emnjadi yang terbaik yang saya bisa dengan makan seperti bayi," jelas JJ Ritenour dikutip dari Times of India.

Pada dasarnya, ASI dirancang untuk membantu bayi memperoleh semua nutrisi dari satu sumber makanan dan tumbuh dengan cepat. Banyak orang beranggapan bahwa ASI juga memiliki manfaat yang sama untuk orang dewasa.

Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa zat tertentu dalam ASI bisa memiliki efek terapeutik dan menguntungkan dalam pengobatan virus corona Covid-19. Bahkan ASI bisa dikembangkan sebagai vaksin.

Meski begitu, ASI memang membawa banyak manfaat ampuh. ASI ini memiliki nutrisi padat yang bervariasi, mengandung kalori yang baik dan antibodi sehat.

Peneliti percaya senyawa tersebut bisa membantu orang dewasa dengan penyakit Crohn, artritis dan autisme. Ada juga yang mengatakan bahwa ASI lebih mudah dicerna daripada susu sapi sehingga baik untuk orang dewasa.

Manfaat itulah yang mendorong banyak pria mengonsumsi ASI demi membentuk tubuhnya. Bahkan beberapa pria mungkin sudah tidak percaya dengan steroid dan lebih memilih minum ASI.

Tapi, apakah ASI aman dikonsumsi orang dewasa?

Semua manfaat kesehatan yang layak tidak selalu bergizi juga untuk pria dewasa. ASI memang padat nutrisi, tapi itu bukan berarti bisa memenuhi nutrisi dan gizi binaragawan.

Sebaliknya, minum ASI untuk membangun tubuh akan merusak pola makan yang baik. Karena, manfaat nutrisi ASI dipecah secara berbeda di usus bayi daripada yang mereka lakukan dalam sistem pencernaan orang dewasa.

Ada juga risiko keamanan susu yang diperoleh dari donor. Karena, ASI itu bisa saja tercampur dengan kandungan lain, ada jenjak infeksi atau tidak dibersihkan dengan benar.

Terlebih, bila pendonor ASI tidak melalui pemeriksaan kesehatan yang ketat. Jadi, pertimbangkan dua kali bila Anda ingin minum ASI untuk memperkuat otot.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers