web analytics
  

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Senin, 7 September 2020 06:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan, Sarapan sehat,manfaat sarapan,Kesehatan,Diabetes,mencegah diabetes,meningkatkan daya ingat,menurunkan berat badan

​​​​​​​Sarapan yang sehat dan bergizi dapat meningkatkan kesehatan tubuh. (Pexels/Jack Sparrow)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sarapan adalah momen penting untuk keberlangsungan aktivitas harian. Selain menambah energi, sarapan yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari  Better Health Channel, berikut 5 manfaat kesehatan dari sarapan.

1. Nafsu makan terkontrol

Penelitian oleh Journal of Nutrition tahun 2011 menunjukkan, sarapan di pagi hari dapat mengurangi rasa lapar. Mungkin hal ini terdengar aneh karena banyak orang melewatkan sarapan untuk menghindari konsumsi kalori berlebihan. Padahal dengan sarapan tinggi serat dan nutrisi di pagi hari, rasa lapar Anda akan berkurang sepanjang hari.

2. Meningkatkan daya ingat

Mengonsumsi sarapan yang bergizi dapat meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi. Hal ini karena karbohidrat baik untuk fungsi otak yang sehat. Sarapan juga bisa memperbaiki suasana hati dan menurunkan stres.

Penelitian menunjukkan, anak-anak yang mengonsumsi sarapan memiliki keterampilan kognitif yang lebih baik dan berprestasi di sekolah.

3. Mencegah diabetes 

Sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun menemukan bahwa makan sarapan yang sehat secara teratur bisa mencegah diabetes. Risiko diabetes pada orang yang rutin sarapan pagi bisa berkurang hingga 30%. Tak hanya itu, melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan resistensi insulin yang merupakan ciri Diabetes Tipe 2.

4. Menurunkan berat badan

Critical Reviews In Food Science and Nutrition menunjukkan, mereka yang sarapan pagi memiliki risiko obesitas lebih rendah dan memiliki lemak tubuh yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi sarapan, asupan di pagi hari sudah tercukupi sehingga porsi makan siang Anda pun akan berkurang.

Anda bisa mulai mencoba menu sarapan seperti telur, yoghurt, oatmeal, buah, dan roti gandum utuh. Sebaiknya batasi mengonsumsi sereal manis, roti putih, dan makanan olahan lainnya saat sarapan. Jika ingin serius meningkatkan kesehatan tubuh, jadikan sarapan teratur sebagai aspek rutin Anda setiap hari. (Melati Febriani)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers