web analytics
  

Pemicu Kebakaran di Astanaanyar Diduga dari Korsleting Listrik

Minggu, 6 September 2020 22:27 WIB Kavin Faza
Bandung Raya - Bandung, Pemicu Kebakaran di Astanaanyar Diduga dari Korsleting Listrik, kebakaran astanaanyar,kebakaran otista,kebakaran Bandung,dpkpb kota bandung,Berita Bandung

Kebakaran beberapa ruko di Jalan Oto Iskandardinata tepatnya RT03 RW03 Kelurahan Pelindung Hewan Kecamatan Astanaanyar diduga akibat korsleting listrik, Minggu (6/9/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

ASTANAANYAR, AYOBANDUNG.COM--Kebakaran beberapa ruko di Jalan Otto Iskandar Dinata tepatnya RT03 RW03 Kelurahan Pelindung Hewan Kecamatan Astanaanyar diduga akibat korsleting listrik, Minggu (6/9/2020).

Ketua RW02 Kelurahan Pelindung Hewan, Dani Ramdani, mengatakan kejadian kebakaran sekitar pukul 20.30 WIB. Saat itu, lokasi kebakaran yang berdekatan langsung dengan RW02 sempat terdengar aliran yang diduga dari korsleting listrik menimbulkan percikan api.

"Tadi warga sempat dengar prepetan listrik pinggir warung kelontongan di salah satu ruko," ujarnya di lokasi kejadian.

Mengetahui kejadian tersebut, kata dia, warga langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Bandung. Selang 5 menit petugas langsung datang ke lokasi.

Menurutnya, saat kejadian seluruh bangunan yang terbakar dalam keadaan tutup. Bahkan, warga terpaksa mendobrak dua ruko untuk menyelamatkan barang serta memadamkan api karena membesar.

"Api semakin awet karena ada gudang kayu dan belakang gudang pakaian cimol. Lebih kurang 8 ruko terbakar dan beberapa rumah," katanya. 

Dia menjelaskan, hampir sebagian barang-barang di beberapa bangunan yang terbakar tidak dapat diselamatkan. Apalagi gudang pakaian cimol seluruhnya habis dilalap api.

Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan DPKPB Kota Bandung, Yusuf Hidayat, mengatakan sebanyak 15 mobil damkar datang ke lokasi yang berasal dari UPT timur, utara, selatan, dan barat.

"Petugas sempat kesulitan memadamkan api  karena ada aliran liatrik belum padam. Alhamdulilah bantuan pusat langsung ke PLN listrik sudah dipadamkam," ujarnya. 

Pihaknya belum bisa memastikan dari mana api berasal termasuk kerugian hingga jumlah bangunan yang terbakar.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers