web analytics
  

Begini Kronologis Kebakaran Rumah Kosong di Cisaranten Kulon

Minggu, 6 September 2020 14:21 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, Begini Kronologis Kebakaran Rumah Kosong di Cisaranten Kulon, kebakaran rumah,Kebakaran Rumah di Bandung,Kebakaran di Bandung,Kebakaran

Kebakaran Rumah Kosong di Cisaranten Kulon (Eneng)

ARCAMANIK, AYOBANDUNG.COM -- Rumah dua lantai di Komplek Mitra Manunggal No. 112 Jalan Cisaranten Kulon RT 06 RW 07, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung hangus dilalap si jago merah, sekitar pukul 10.48 WIB Minggu (6/9/2020) .

Informasi yang diperoleh dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Bandung titik api berasal dari lantai 2 rumah. Sedangkan luas area terbakar sekitar 130 m² dari total keseluruhan  920 m².

Danru Rescue pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Totoy Yuhasmana mengatakan, rumah milik Ari Tonang diketahui kosong.  Namun berada di wilayah perumahan tertata padat penduduk.

Usai menerima laporan, petugas DPKPB Kota Bandung menurunkan 2 Unit Pancar UPT Timur, 1 Pancar Mako Pusat, 3 Unit Tanki, 1 Unit Rescue, 1 Unit Komando. Adapun untuk unsur bantuan didukung personel dari Koramil, Polsek Arcamanik, Satpol PP, linmas Kewilayahan, dan 1 Unit Ambulance Dinas Kesehatan.

"Untuk kronologis kejadian, pak Asep Ian (Security) Ibu Wulan (tetangga) melihat ada asap yang mengepul dari salah satu kamar di rumah kosong tetangganya. Ibu wulan langsung berteriak meminta bantuan dan menghubungi Emergency Call 113 Diskar PB Kota Bandung," kata Totoy kepada Ayobandung.com, Minggu (6/9/2020).

Totoy menuturkan, sebagai penanganan awal, warga sempat mencoba memadamkan api dengan alat seadanya sebelum personel tiba di lokasi. 

"Pak Asep yang mengetahui kejadian tersebut langsung mencoba mendobrak pintu dan mencoba memadamkan api dengan alat seadanya," katanya.

Usai tiba di lokasi sekitar pukul 10.52 WIB, petugas pun langsung melakukan pemadaman dan penyekatan di area terbakar untuk mengurangi perambatan api. Upaya dilanjutkan dengan pendinginan di setiap sudut area terbakar sampai dinyatakan aman.

"Beruntung tidak ada korban jiwa. Tetapi penyebab kejadian masih dalam penyelidikan," ujarnya.

Asep mengaku, melihat kejadian tersebut langsung melapor ke petugas. Tak lama kemudian petugas datang dan langsung berusaha memadamkan api.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers