web analytics
  

Diracik Barista, Bean Spot Alfamart Hadir untuk Penggemar Kopi Premium

Sabtu, 5 September 2020 18:28 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gaya Hidup - Kuliner, Diracik Barista, Bean Spot Alfamart Hadir untuk Penggemar Kopi Premium, Bean Spot,Alfamart,Kopi Bandung,Tempat Ngopi di Bandung

Minimarket Alfamart menghadirkan produk kopi siap saji premium dengan gaya kekinian melalui Bean Spot. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Istilah “Ngopi” menjadi salah satu aktivitas yang digemari masyarakat Indonesia. Dahulu, istilah “Ngopi” merujuk kepada acara minum kopi bersama sebagai media bertukar informasi dan bersosialisasi yang lebih banyak didominasi oleh kalangan pria dewasa.

Namun, seiring berjalannya waktu, kini istilah “Ngopi” justru bergeser menjadi aktivitas menikmati sajian kopi. Baik didorong kegemaran minum kopi, kebutuhan pekerjaan, atau sekadar bersosialisasi yang didominasi kalangan muda perkotaan.

Di sisi lain, keterbatasan waktu saat beraktivitas kalangan penggemar kopi di perkotaan menjadi celah menyediakan konsep layanan take away, untuk para penggemar kopi dalam menikmati olahan bubuk kopi tersebut.

Menangkap fenomena tersebut, minimarket Alfamart menghadirkan produk kopi siap saji premium dengan gaya kekinian melalui Bean Spot.

Regional Corporate Communication Manager Alfamart Firly Firlandi menyampaikan, segmentasi Bean Spot merupakan konsumen modern perkotaan dengan tipikal grab and go (take away) yang membutuhkan produk cepat pilih dan praktis.

Firly mengatakan, kehadiran Bean Spot di Alfamart untuk menjawab kebutuhan itu. Apalagi Ngopi, kata Firly, sudah jadi gaya hidup bagi masyarakat perkotaan yang punya aktivitas padat. Konsumen tipe ini membutuhkan tempat yang dapat memenuhi kebutuhannya sekaligus. 

"Kita ingin menjual kepraktisan dari adanya varian kopi premium ini, selain mereka juga bisa sambil membeli kebutuhan sehari-hari," kata Firly saat ditemui di Kantor Cabang Alfamart Bandung 1, Jumat (4/9/2020).

Firly menjelaskan, Bean Spot hadir dengan beragam varian sajian kopi premium panas dan dingin yang menampilkan cita rasa kopi khas berbagai daerah di Indonesia. Diperkenalkan sejak Mei lalu, varian kopi di Bean Spot ini meliputi kopi es doger, kopi es teler, kopi klepon, kopi gula aren, hingga kopi Keju.

"Kenapa kita pilih menunya yang rasa lokal karena kita ingin menyajikan kopi yang mendekati ke minuman khas Indonesia. Tapi untuk penggemar varian kopi seperti cappucino, moccacino, atau lainnya juga ada," katanya.

Firly juga mengungkapkan, salah satu signature unggulan dari Bean Spot yakni kopi gula aren dan kopi klepon. Terlebih varian kopi gula aren ini memang menjadi salah satu jenis es kopi yang saat ini digemari masyarakat Indonesia.

"Kami menampilkan varian ini karena jenis kopi ini seperti must have item, jadi harus ada di kedai kopi,” katanya.

Firly juga menyampaikan, produk unggulan lain yang coba ditawarkan kepada pasar melalui kehadiran kopi klepon. Menurutnya, produk kopi klepon memiliki cita rasa pandan yang kuat dengan tampilan warna hijau khas pandan yang diasosiasikan seperti kue klepon.

"Untuk komposisinya semua menggunakan kopi lokal, kopi heritage.  Dan kita menyiapkan baristra tersertifikasi, khusus untuk meracik peyajian varian kopi tersebut," katanya.

Firly mengatakan, kekuatan lain dari Bean Spot yakni harga yang terjangkau. Untuk varian Hot Coffe ditawarkan dari harga Rp10.000, dan Rp 18.000 untuk produk Ice Coffee. 

Selain minuman kopi, Bean Spot dilengkapi dengan produk makanan siap saji antara lain aneka roti, pastry, bakpau, hingga jajanan pasar yang dijual dengan harga mulai Rp7.000.

Firly menambahkan, untuk kawasan Bandung Raya terdapat 50 toko Alfamart yang dilengkapi dengan Bean Spot dengan lokasi yang tersebar di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Garut.

“Konsumen dapat menjumpai Bean Spot di toko-toko tertentu, biasanya berlokasi di kawasan urban, pusat perkotaan, hunian atau di perbatasan kota,” ujarnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers