web analytics
  

Cegah Covid-19, Ruang Merokok di Bekasi Akan Dihilangkan?

Sabtu, 5 September 2020 06:25 WIB Firda Puri Agustine
Umum - Regional, Cegah Covid-19, Ruang Merokok di Bekasi Akan Dihilangkan?, ruang merokok,ruang merokok khusus,Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Bekasi Hari Ini,Berita Bekasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar tidak ada lagi ruang merokok khusus bagi karyawan di Bekasi karena diduga menjadi salah satu sumber penyebaran corona penyebab Covid-19. (Pixabay/DesignCoon)

CIKARANG PUSAT, AYOBANDUNG.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar tidak ada lagi ruang merokok khusus bagi karyawan di Bekasi karena diduga menjadi salah satu sumber penyebaran corona penyebab Covid-19.

“Ruang-ruang yang tidak berventilasi tolong dibobok, diperbaiki. Kemudian kalau bisa tidak ada ruang merokok lagi,” kata Ridwan Kamil dalam konferensi persnya di Kantor Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, Jumat (4/9/2020).

“Karena hasil temuan kita dari tempat merokok bersama itu terjadi juga penularan,” tuturnya.

Ridwan Kamil pun meminta agar para pekerja mengisi buku harian setiap hari terkait aktivitas yang dilakukannya di luar lingkungan pabrik atau kantor.

“Protokol di tempat kerja itu sudah sangat baik dan ketat, lalu kenapa masih terjadi keterpaparan? Mungkin salah satunya pola perilaku sepulang kerja itu yang kurang termonitor,” ujarnya.

Apabila ada karyawan positif Covid-19 atau terjadi penularan di tempat kerja, manajemen wajib memberlakukan work from home serta melakukan prosedur standar lain yang dibutuhkan.

“Tidak harus menutup semua area, cukup diblok saja tempat yang diduga terjadi keterpaparan itu,” katanya.

Kabupaten Bekasi kini masuk dalam zona merah Covid-19. Terjadi lonjakan kasus yang signifikan dari klaster industri. Tercatat 22 perusahaan di kawasan ini melaporkan kasus positif dengan total 684 karyawan. 

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers