web analytics
  

Angka Reproduksi dan Kasus Positif Covid-19 di Bandung Meningkat

Jumat, 4 September 2020 15:44 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Angka Reproduksi dan Kasus Positif Covid-19 di Bandung Meningkat, Corona,Virus Corona,COVID-19,Berita Bandung,corona di bandung,Pemkot Bandung

Ilustrasi--Virus Corona (EPA)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Hingga saat ini, kasus positif Covid-19 di Kota Bandung masih terus meningkat. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan, total kasus positif aktif Covid-19 di Kota Bandung mencapai 125 kasus.

Sementara pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia ada sebanyak 49 orang. Data tersebut merupakan update terakhir hingga Kamis (3/9/2020).

"Yang positif aktif bertambah, sekarang jadi 125 orang. Kasus meninggal dunia 49 orang," ungkap Rita selepas menghadiri agenda di bank bjb Tamansari Bandung, Jumat (4/9/2020).

Ia mengatakan, bertambahnya kasus positif Covid-19 tersebut terjadi seiring dengan meningkatnya jumlah pengetesan Covid-19 di Kota Bandung. Saat ini, Pemerintah Kota Bandung juga tengah menggencarkan pemeriksaan masif ke 3.000 ASN Pemkot Bandung hingga 8 September mendatang.

"Kita harus siap akan ada penambahan kasus dengan adanya pengetesan masif ini," ungkapnya.

Meningkatnya kasus positif tersebut juga menjadikan angka reproduksi kasus positif Covid-19 di Kota Bandung meningkat. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulayana menyebutkan, angka reproduksi kasus yang terkahir tercatat menyentuh 0,79.

"Memang naik dibanding kemarin. Kemarin 0,79, sekarang naik tapi masih di bawah 1. Tren-nya naik," ungkap Yana.

Senada dengan Rita, ia juga menyatakan bahwa kenaikan tersebut juga merupakan konsekuensi dari meningkatnya angka pengetesan yang dilakukan. Untuk itu, ia meminta warga Kota Bandung untuk senantiasa waspada.

"Apapun situasi dan kondisinya, kita harus waspada dan berhati-hati. Mungkin ini dari hasiil tes atau jelang gelombang kedua. Di Jawa Barat juga kan (kasus positif) naik terus," ungkapnya.

Untuk informasi, data kasus positif aktif dan jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Kota Bandung berbeda dengan yang ditampilkan di laman web Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) Kota Bandung. Di laman web covid19.bandung.go.id tersebut, tertera bahwa kasus positif aktif di Kota Bandung mencapai 193 kasus per Kamis (3/9/2020) pukul 17.00 WIB.

Laman web tersebut diakses Ayobandung.com pada Jumat (4/9/2020) pukul 14.30. Di laman tersebut juga tertera bahwa secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Bandung mencapai 2.357 kasus dengan rincian 1.468 orang dinyatakan sembuh, 696 orang meninggal dunia dan 193 orang positif aktif.

Data tersebut telah dinyatakan tidak sesuai dengan data yang valid, sebagaimana yang telah dipaparkan Kadinkes Kota Bandung. Kepala Seksi Surveillance dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung Girindra Wardana mengkonfirmasi hal tersebut.

"(Datanya) salah. Mungkin sedang maintenance Pusicov-nya," ungkapnya ketika dihubungi via pesan singkat. 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers