web analytics
  

Januari-Agustus, Ada 5.000 Kasus Cerai di Pengadilan Agama Bandung

Kamis, 3 September 2020 14:31 WIB
Bandung Raya - Bandung, Januari-Agustus, Ada 5.000 Kasus Cerai di Pengadilan Agama Bandung, Perceraian,Kota Bandung,Bandung Hari Ini,Wali Kota Bandung Oded M Danial

Perceraian. (pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Perceraian di Pengadilan Agama Kota Bandung periode Januari-Agustus 2020 sudah mencapai 5 ribu kasus. Diperkirakan, kasus perceraian akan terus bertambah hingga akhir tahun mencapai 7 ribu kasus.

"Selama ini ada diperkirakan 5 ribu perkara perceraian dari Januari hingga sekarang," ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial kepada wartawan, Kamis (3/9/2020).

Dia menyebut data tersebut diperoleh dari Ketua Pengadilan Agama Bandung yang baru.

"Laporan pengadilan agama, ketua pengadilan agama baru dia silaturahmi, mereka menyampaikan informasi bahwa di Bandung selama ini ada diperkirakan 5 ribu perkara perceraian dari Januari sampai sekarang dan diperkirakan sampai 7 ribu," ujarnya.

Dia menyebutkan, terdapat berbagai penyebab perceraian di masyarakat mulai dari urusan ekonomi hingga ketidakcocokan antarpasangan. Menurutnya, kasus perceraian tersebut akan berdampak kepada tumbuh kembang anak.

"Kalau yang cerai 5 ribu pasangan lalu masing-masing punya anak tiga, berapa anak yang menjadi korban," katanya.

Dia menyebutkan, untuk meminimalisasi kasus perceraian maka harus dilakukan penguatan pendidikan keluarga. Menurutnya, langkah tersebut dilakukan untuk menguatkan ketahanan keluarga.

"Dengan ketahanan keluarga, badai apapun bisa bertahan. Ketahanan mulai dari iman, moralitas dan ekonomi," ungkapnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers