web analytics
  

4 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Kamis, 3 September 2020 14:08 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 4 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh, imun tubuh,Kekebalan Tubuh,Kesehatan,sup ayam,Bayam,Yoghurt,Seafood

Konsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. (Pexels/Ponyo Sakana)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sistem imun yang kuat dapat menjaga kesehatan tubuh dari penyakit. Sistem imun dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Berikut 5 makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dilansir dari Time.

1. Sup Ayam

Sup ayam dapat menghidrasi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Sup ini mengandung vitamin A dan C, magnesium, fosfor, gelatin, dan antioksidan, yang dikenal dapat membangun sistem kekebalan yang kuat dan melawan virus. Protein dan asam amino dari ayam juga baik sebagai antibodi untuk melawan infeksi.

Selain itu, mengonsumsi sup ayam dapat menghambat migrasi sel darah putih melintasi selaput lendir hidung sehingga mengurangi penyumbatan gejala flu. Terhambatnya kontak virus dengan lapisan hidung akan mempercepat Anda sembuh dari flu.

2. Bayam

Selain kaya akan vitamin C, bayam mengandung antioksidan, asam folat, dan beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan kandungan pada bayam mendorong produksi sel darah putih sebagai penangkal virus dan bakteri. Sebaiknya jangan memasak bayam terlalu lama agar tidak merusak kandungan vitamin A dan kalium pada bayam.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung lactobacillus dan probiotik yang membantu melawan bakteri jahat serta meningkatkan sistem imun. Yoghurt juga kaya akan protein dan vitamin A yang baik untuk tubuh. Agar semakin bergizi, pilihlah yoghurt yang rendah lemak serta tambahkan madu, buah beri, dan kacang-kacangan saat mengonsumsinya.

4. Seafood

Seafood dapat mengurangi inflamasi karena kandungan vitamin A, B, dan D, serta asam lemak omega-3 di dalamnya. Seafood juga kaya akan mineral seperti seng, yodium, magnesium, kalsium, selenium, fosfor, besi dan kalium. Nutrisi tersebut melindungi tubuh dari masalah kesehatan termasuk penyakit kronis. Dianjurkan untuk makan ikan dan makanan laut secara teratur untuk mengoptimalkan fungsi fisik dan mental tubuh. (Melati Febriani)

Sumber: Time
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers