web analytics
  

Cek Rekening BCA! Subsidi Upah Sudah Ada yang Cair

Kamis, 3 September 2020 14:00 WIB Aini Tartinia
Umum - Nasional, Cek Rekening BCA! Subsidi Upah Sudah Ada yang Cair, Bantuan Subsidi Upah (BSU),subsidi gaji rp600.000,Subsidi gaji karyawan,nasional,Subsidi Gaji Rekening BCA,Rekening BCA,BCA,update subsidi upah,upah pekerja,600 ribu,duit bantuan sosial,duit bansos,bansos,menaker,ida fauziyah

Ilustrasi--Uang (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah ditunggu-tunggu dari tahap pertama kemarin, akhirnya bank BCA telah menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Tentu dengan cairnya bantuan dari bank BCA menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pekerja yang selama ini menabung di bank tersebut.

Sebelumnya, di tahap pertama bank BCA tak kunjung ada penyaluran dana subsidi upah sebesar Rp600 ribu per bulan itu. Namun, ternyata penyaluran BSU atau BLT tersebut baru masuk di tahap kedua.

Berdasarkan pantauan Ayojakarta.com, program subsidi upah pekerja formal dengan gaji di bawah Rp5 juta, bank BCA paling banyak diperbincangkan di media sosial (medsos). Perbincangan tersebut ialah kapan BLT disalurkan di bank BCA.

Pada laman Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang telah mengunggah video penyaluran BSU atau BLT tahap kedua pada Selasa, 1 September 2020.

Dalam video berjudul “SUBSIDI GAJI/UPAH TAHAP II SEGERA CAIR” tersebut, Kemnaker menjawab kerisauan masyarakat terhadap program subsidi upah pekerja gaji di bawah Rp5 juta yang mempunyai rekening BCA.

“Program subsidi upah tahap pertama sudah 2,5 juta. Hari ini kami terima data untuk tahap kedua yakni sebesar 3 juta. Prosesnya masih sama, setelah kami terima data dari BPJamsotek, kemudian dicek dan ricek. Setelah selesai, kami serahkan ke kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) dan dari sana langsung digelontorkan ke bank Himbara sebagai penyalur untuk ditransfer ke masing-masing rekening pekerja,” ujar Menaker Ida.

Kollom komentar unggahan video Kemnaker itu pun akhirnya ramai dibanjiri komentar netizen terkait waktu penyaluran subsidi upah di bank swasta tersebut:

 “Alhamdulillah, BCA sdh cair guys. Padahal siang dicek blom ada. Iseng abis isya ngecek LG udh masuk," tulis akun Instagram @yatidesy.

"Alhamdulillah BCA cair????," tulis akun instagram @firmanariek.

"Alhamdulillah terima kasih pemerintah???????? subsidi gaji sudah cair.. lumayan buat tambahan modal jualan," tulis akun instagram @jasmine.arie28.

Tak hanya ramai di Instagram, hal tersebut diperkuat lagi kesaksian seorang pekerja, penerima BLT Rp600 ribu yang menggunakan rekening bank BCA. Akun itu memposting hasil tangkapan layar mutasi transfer miliknya ke media sosial Twitter.

Dilansir Ayojakarta, dari akun Twitter @P_Sulaksana menyebutkan bagi pekerja yang memiliki rekening BCA, dana BSU atau BLT sudah masuk ke rekening per 31 Agustus 2020.

“BLT BPJamsostek rekening BCA udah cair nih, kira-kira siapa yang sudah cair juga?” ujarnya.

Komentar netizen berlanjut dari akun @caelumblve masih di hari yang sama, “Saya juga udah cair, setelah melihat tweet ini jam 4 tadi lgsg cek, ternyata udah juga. Yang belom cair sabar aja, besok trf tahap kedua, yang bank swasta pake sistem LLG, cairnya 1 hingga 2 hari setelah ditransfer, pasti cair kok kalau sudah valid,” ujarnya.

Meskipun begitu, ia juga menambahkan bahwa pencairan dana BSU atau BLT tersebut tidak dilakukan secara bersamaan.

@P_sulaksana juga kemudian memposting “Meskipun sama2 dapet dalam satu kantor, gag barengan cairnya, di kantorku baru 2 dari 9 orang yg cair” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Penaganan Covid-19 dan Pemulihan Eknomi Nasional (PCPEN), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan pemerintah membuka peluang bakal memperpanjang BSU atau BLT hingga tahun depan.

“Kami berharap jika program ini berjalan dengan baik, bisa diteruskan. Namun, sekarang ini keputusannya program hanya bisa berjalan sampai Desember 2020,” kata Erick dalam konferensi pers virtual, Rabu (2/9/2020).

Diketahui, di tahap pertama penerima BSU atau BLT ditransferkan dana sebesar Rp1,2 juta untuk bantuan subsidi upah pada September dan Oktober 2020. Tahap kedua, penerima bantuan diberikan dana sebesar Rp1,2 juta untuk bantuan subsidi upah pada November dan Desember 2020.

“Jadi, terus kita tingkatkan dan tentu sisanya yang Rp1,2 juta akan dibayarkan Oktober akhir atau November awal,” katanya.

Selain membantu para pekerja yang terdampak penghasilannya karena peliknya efek virus Corona yang melanda sektor ekonomi, Erick berharap bantuan dari pemerintah ini juga dapat mendorong daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sumber: Ayojakarta.com
Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Menteri KKP Trenggono Bakal Larang Ekspor Benih Lobster

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 20:01 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono mengaku akan melarang ekspor benih lobster. Trenggono menyebut beni...

Umum - Nasional, Menteri KKP Trenggono Bakal Larang Ekspor Benih Lobster, Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono,Ekspor Benih Lobster

Ketua MUI: Melegalkan Investasi Miras Hukumnya Haram

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 17:07 WIB

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis menegaskan melegalkan izin investasi minuman keras atau miras hukumnya...

Umum - Nasional, Ketua MUI: Melegalkan Investasi Miras Hukumnya Haram, Majelis Ulama Indonesia (MUI),Investasi Miras,Industri Minuman Keras

Hakim Artidjo Alkostar Wafat, Algojo yang Ditakuti Para Koruptor

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 16:41 WIB

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengenang sosok Anggota Dewan Pengawas...

Umum - Nasional, Hakim Artidjo Alkostar Wafat, Algojo yang Ditakuti Para Koruptor, Hakim Artidjo Alkostar,Artidjo Alkostar Meninggal Dunia,Artidjo Alkostar Wafat,Hakim yang Ditakuti Para Koruptor

Polemik Seragam Sekolah, PGRI Sarankan SKB 3 Menteri Dikaji Ulang

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 14:56 WIB

Polemik perihal ini bisa terjadi karena sesuatu yang menyinggung agama sangat sensitif.

Umum - Nasional, Polemik Seragam Sekolah, PGRI Sarankan SKB 3 Menteri Dikaji Ulang, Seragam Sekolah,skb 3 menteri,SKB Seragam Sekolah,PGRI,Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong, Menkes: Harus Gratis Diberikan

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 13:27 WIB

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan vaksin gotong royong yang dilakukan mandiri oleh perusahaan mesti grati...

Umum - Nasional, Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong, Menkes: Harus Gratis Diberikan, vaksinasi gotong royong,Vaksin Covid-19,Pfizer,sinovac,AstraZeneca,novavac,Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menghadapi Kemarau, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 08:47 WIB

Kendati puncak musim hujan diramalkan bakal mundur dari prakiraan sebelumnya, tidak ada salahnya mempersiapkan diri meng...

Umum - Nasional, Menghadapi Kemarau, Apa yang Perlu Dipersiapkan?, kemarau,kemarau 2021,Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB),Musim Hujan,Puncak Musim Hujan

Rais 'Aam PBNU Ingatkan 2 Perkara yang Bisa Ancam Organisasi

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 08:26 WIB

Menurut dia, apabila kedua hal ini sudah menjangkiti, maka akan sulit bangkit untuk hidup kembali.

Umum - Nasional, Rais 'Aam PBNU Ingatkan 2 Perkara yang Bisa Ancam Organisasi, Nahdlatul Ulama (NU),harlah NU

Wapres Ingatkan NU Muhasabahi Prinsip Gerakan

Nasional Minggu, 28 Februari 2021 | 06:24 WIB

Harapan ini disampaikan jelang usia NU ke 100 tahun.

Umum - Nasional, Wapres Ingatkan NU Muhasabahi Prinsip Gerakan, Ma'ruf Amin,Nahdlatul Ulama (NU)

artikel terkait

dewanpers