web analytics
  

Pabrik Genteng di Majelengka Habis Dilalap Api

Rabu, 2 September 2020 11:46 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Pabrik Genteng di Majelengka Habis Dilalap Api, Kebakaran,Kebakaran pabrik,Berita Majalengka,Majalengka,Kebakaran bangunan

Ilustrasi--kebakaran (Istimewa)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah pabrik genteng dan gudang penyimpan barang bekas/rongsok di Kabupaten Majalengka terbakar. Api juga melalap sebuah bangunan semi permanen untuk pembuatan sangkar burung di Kabupaten Cirebon.

Di Majalengka, pabrik genteng dan gudang rongsok di Desa Panjalin Kidul, Kecamatan Sumberjaya, terbakar sekitar pukul 03.00 WIB, Rabu (2/9/2020). Pemadaman turut dilakukan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (damkar) Kabupaten Cirebon.

Kepala Seksi Tanggap Darurat Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon, Eno Sujana mengungkapkan, keterlibatan pihaknya bermula ketika sebuah laporan awal diterima petugas Pos Jaga Damkar Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, ihwal kebakaran rumah di Desa Budur, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

"Menurut pelapor, api sudah membesar," ujarnya.

Laporan itu ditanggapi dengan bantuan petugas dari Pos Jaga Damkar Palimanan maupun Weru. Setiba di lokasi, kebakaran diketahui melanda pabrik genteng di Desa Panjalin Kidul.

Api ternyata sudah menjalar ke gudang rongsok. Selain petugas damkar Kabupaten Cirebon, upaya menjinakkan api juga dilakukan petugas UPT Damkar Majalengka maupun dari pihak swasta.

"Keterangan saksi mata yang merupakan karyawan pabrik genteng, api sudah membesar sejak sekitar pukul 01.30 WIB," cetus Eno.

Api kemudian berhasil dipadamkan sekitar 2 jam berikutnya. Sayang, angunan pabrik maupun gudang beserta seluruh isinya telah luluh lantak. Pihaknya sejauh ini menduga, kebakaran terjadi dari tungku pembakaran genteng. Belum diketahui pasti kerugian akibat kebakaran itu.

"Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut," tambahnya.

Di hari sama, sebuah bangunan semi permanen untuk pembuatan sangkar burung di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, pula dilalap si jago merah. Petugas Pos Jaga Damkar Weru yang menerima informasi mendapati api sudah membesar dan nyaris menjalar ke bangunan permanen yang berada tak jauh dari titik awal api.

Petugas sempat terkendala lokasi kebakaran yang berada di area jalan sempit. Dengan memanfaatkan selang air panjang, kebakaran pun akhirnya dapat ditangani sekitar 45 menit kemudian.  Kasus ini pun belum dapat dipastikan penyebab maupun nilai kerugiannya. Lebih jauh, pihaknya mengimbau masyarakat waspada terhadap ancaman kebakaran.

"Musik kemarau, potensi kebakaran pun tinggi. Kami imbau masyarakat berhati-hati," katanya.

 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers