web analytics
  

3 Menu Sarapan yang Bikin Pencernaan Bermasalah

Rabu, 2 September 2020 05:53 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 3 Menu Sarapan yang Bikin Pencernaan Bermasalah, jus,seledri,Yoghurt,pemanis buatan,makanan berserat tinggi,sistem pencernaan,Sakit perut

[Ilustrasi] sistem pencernaan bermasalah karena menu sarapan yang tidak tepat. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah menu sarapan ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan.

Menurut ahli pola makan atau diet, Amanda Sauceda, RDN, gangguan pencernaan biasa terjadi akibat menu sarapan yang salah. Dilansir di laman Livestrong, Rabu (2/9/2020), berikut beberapa menu sarapan yang mungkin menyebabkan gangguan pencernaan.

1. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat tinggi biasanya dikonsumsi karena membuat tubuh sehat dan dapat mengenyangkan. Makan sarapan dengan makanan tinggi serat tampak seperti langkah yang tepat. Namun, Sauceda memperingatkan untuk tetap waspada.

"Jika Anda pernah memutuskan mengganti semangkuk sereal pagi Anda dengan yang banyak mengandung serat, berhati-hatilah," ujar Saucedo.

Menurutnya, makan lebih banyak serat saat tubuh tidak terbiasa, akan membuat usus tidak baik. Memakan serat sebaiknya dilakukan secara perlahan agar usus bisa lebih terbiasa.

“Dan pastikan untuk minum lebih banyak air setiap kali Anda menambahkan lebih banyak serat,” kata dia.

2. Makanan dengan pemanis buatan

Sauceda mengatakan, usus tidak selalu menyukai pemanis buatan. Dia menyebut terdapat penelitian yang menghubungkan pemanis buatan dengan efek merugikan pada mikrobioma usus.

Kemungkinan besar, makanan-makanan itu seperti yoghurt ringan, bubuk protein rendah gula, atau bahkan selai bebas gula yang dioleskan pada roti panggang yang manis karena dimaniskan dengan pemanis buatan atau alkohol gula. Menurut Mayo Clinic, gula alkohol dalam jumlah tinggi juga dapat menyebabkan perut kembung, bahkan diare.

3. Jus

Sejumlah orang menganggap jus adalah menu yang baik untuk sarapan. Apakah benar?

"Jus, ya, bahkan jus seledri, tidak selalu cocok dengan usus Anda dan bisa menyebabkan kembung atau gangguan pencernaan. Saat Anda membuat jus, seratnya akan dikeluarkan dan Anda akan mendapatkan gula sederhana yang bisa membuat usus Anda tidak bahagia,” kata Sauceda.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers