web analytics
  

Susah Fokus Selama Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Rabu, 2 September 2020 02:06 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Susah Fokus Selama Pandemi? Begini Cara Mengatasinya, stres,tekanan,Cara Mengatasi Stres,Pandemi Corona,Fokus,Konsentrasi

Tekanan selama pandemi Covid-19 membuat daya fokus menjadi terganggu. (Pixabay/Peggy_Marco)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa bulan setelah pandemi Covid-19, mungkin banyak dari kita masih belajar untuk hidup dalam suasana penuh tekanan, ketakutan, dan kesedihan. Bagi banyak orang, terutama mereka yang baru sembuh dari Covid-19, stres dan kurangnya perhatian bisa membuatnya kesulitan untuk fokus.

Dilansir dari Time.com, Todd Braver, seorang profesor ilmu psikologi dan otak di Washington University di St. Louis, mengatakan, seseorang akan sulit berkonsentrasi ketika berada di bawah tekanan. Otak manusia memang mampu menghadapi rasa stres. Namun hal itu tidak berlaku jika tekanan dialami secara terus-menerus.

Lalu bagaimana caranya agar seseorang bisa meningkatkan konsentrasi selama pandemi?

1. Jangan memaksakan diri

Kita tidak perlu merasa tertekan karena kurang produktif selama pandemi. Sebaiknya, fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan dan kewajiban yang sudah ada dalam hidup sebaik mungkin. Menurut Todd Braver, meluangkan waktu untuk merawat diri dan menyayangi diri sendiri serta melakukan aktivitas sehari-hari seperti tidur, konsumsi makanan sehat, dan berolahraga adalah hal terbaik yang dapat dilakukan selama pandemi.

2. Tentukan Goals

Daripada hanya berjanji pada diri sendiri untuk fokus dan menjadi produktif, lebih baik putuskan dengan tepat apa yang ingin dilakukan. Memiliki tujuan yang jelas dapat membimbing diri untuk fokus ke pekerjaan.

3. Fokuslah pada satu pekerjaan

Single-tasking jauh lebih baik daripada multitasking, terutama bagi seseorang yang mengalami kesulitan untuk fokus. Menurut Todd Braver, dengan fokus pada satu hal atau pekerjaan dalam satu periode waktu, kita akan dimudahkan untuk mendapat hasil yang maksimal dari yang kita kerjakan tersebut.

Hal ini tidak hanya akan membantu kita berkonsentrasi, tetapi juga dapat meredakan stres. Mulai sekarang, Anda bisa mencoba tidak membuka media sosial saat mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan.

Sumber: Time
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers