web analytics
  

10 Kursi PKS Jadi Rebutan 3 Bakal Pasang Calon Bupati Bandung

Selasa, 1 September 2020 18:28 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, 10 Kursi PKS Jadi Rebutan 3 Bakal Pasang Calon Bupati Bandung, PKS,Calon Bupati Bandung,Pilkada Kabupaten Bandung,PKS Kabupaten Bandung

PKS (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dari 8 Partai pemegang kursi DPRD Kabupaten Bandung, hanya PKS yang sampai hari ini belum memiliki koalisi setelah Demokrat memutuskan hengkang dan memilih berkoalisi dengan PKB dan NasDem. Padahal, PKS merupakan pemenang kedua Pileg 2019 dengan memperoleh 10 kursi di dewan.

Dengan 10 kursi, PKS harus berkoalisi. Kursi tersebut menjadi rebutan tiga bakal pasang calon bupati dan wakil bupati Bandung 2020.

Partai tersebut pun membuka peluang bagi bakal pasangan calon untuk meminangnya. Bakal pasangan calon pertama yang berupaya mendapatkan 10 kursi PKS adalah Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan.

Pasangan yang diusung oleh koalisi PKB-NasDem dan Demokrat tersebut mendatangi DPD PKS Kabupaten Bandung beberapa hari lalu.

Sehari setelahnya, Partai Golkar juga berupaya mendekati PKS. Pengurus kedua partai mengadakan pertemuan.

Terakhir, pasangan Yena-Atep mendatangi DPD PKS Jawa Barat untuk meminta dukungan 10 kursi yang dimiliki partai berlambang ka'bah bulan sabit tersebut.

"Kami telah mengambil formulir pendaftaran dari PKS, kemarin (31/8/2020)," ujar Ketua Tim Pemenangan Yena-Atep Evan Agustianto, Selasa (1/9/2020).

Menurut Evan, dengan 10 kursi yang dimiliki PKS merupakan potensi lumbung suara untuk pemenangan Yena-Atep.

"PKS ini, kan, belum memiliki teman untuk mengusung sendiri. Jadi tidak ada salahnya kami berencana menggandeng PKS untuk berkoalisi. Apalagi kami memiliki hubungan baik dengan teman-teman di PKS," katanya.

Dengan tiga pasang calon yang telah mendekati, PKS sampai sejauh ini belum menentukan sikap akan bergabung dengan koalisi manapun.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers