web analytics
  

Persib Main Softball, Ada Apa?

Selasa, 1 September 2020 15:27 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Persib Main Softball, Ada Apa?, Persib,sepakbola,Pelatih Persib Bandung Robert Alberts

Para pemain Persib berlatih softball di SOR Lodaya. (ayobandung/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sesi latihan rutin Persib Bandung, Selasa (1/9/2020), sedikit berbeda dari biasanya. Sejak kembali menggelar latihan kolektif pada 10 Agustus lalu, Persib selalu berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Namun, dalam sesi latihan kali ini, skuat Maung Bandung berlatih di lapangan softball di SOR Lodaya, Kota Bandung. Bukan untuk bermain sepak bola, Supardi cs justru bermain olahraga yang lahir di Amerika Serikat itu. 

Untuk diketahui, softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenisnya, yaitu bisbol atau hardball. Softball adalah olahraga beregu yang terdiri dari 2 tim. Teknis permainannya, bola softball dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul (ofensif). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir, yaitu home plate.

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang relaksasi bagi tim asuhannya yang telah berlatih sekitar tiga pekan terakhir. Apalagi intensitas latihan selama ini terbilang cukup tinggi dan berat.

"Karena kami sudah berlatih selama 3 pekan hingga saat ini, dan penting bagi pemain untuk sedikit mengalihkan pikirannya dari sepak bola. Ini latihan alternatif, hanya untuk membuat semuanya kembali ke jalurnya dalam hal mental dan melihat ke depan satu bulan sebelum kick off," kata Robert di lapangan Softball SOR Lodaya, Selasa (1/9/2020).

Dengan bermain softball, Robert berharap, anak asuhnya bisa semakin termotivasi dan rileks. Pasalnya, pelatih asal Belanda itu mengatakan, para penggawa Pangeran Biru akan menjalani masa latihan berat di program bulan September sebagai persiapan jelang kick off Liga 1 yang akan bergulir 1 Oktober.

"Kami tidak harus berlatih sepak bola setiap hari. Kami sudah melalui 3 pekan dengan baik dan 4 pekan ke depan akan sangat penting. Jadi, hari ini kami ingin sedikit rileks dan mencoba jenis lain dalam latihan," ungkapnya. 

Robert juga menuturkan, saat bermain softball, para pemain tidak dituntut untuk melakukannya secara serius. Mereka juga bermain ringan dan lebih banyak bercanda dibandingkan fokus pada permainan.

Pelatih berusia 65 tahun itu memang tidak ingin para pemainnya untuk terlalu serius pada saat bermain. Ia hanya ingin tim asuhannya bersenang-senang sambil tetap menjaga kondisi fisiknya dengan berolahraga tersebut.

"Ya tidak apa-apa. Ini hanya untuk bersenang-senang saja. Ini bukan permainan softball yang serius. Ini hanya untuk fun," ucap Robert.

Robert juga mengungkapkan, alasan dirinya memilih softball sebagai olahraga alternatif bagi timnya. Selain bisa dimainkan secara beregu, fasilitas lapangan softball tersedia di Bandung.

"Apa ada olahraga lain yang bisa kami lakukan di Bandung? Hoki es tidak mungkin. Badminton pemainnya maksimal hanya untuk 4 orang. Jadi, kami harus melakukan olahraga tim (yang diikuti banyak orang). Dan ini memang fasilitasnya tersedia. Pelatih kami juga tahu banyak soal softball. Pemain juga tahu peraturannya, tapi mereka memang sedikit lupa," ujarnya.

 

Editor: Dudung Ridwan

artikel terkait

dewanpers