web analytics
  

Percaya Diri, Zalnando Siap Bermain di Segala Posisi

Selasa, 1 September 2020 14:41 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Percaya Diri, Zalnando Siap Bermain di Segala Posisi, Pemain bertahan Persib Bandung Zalnando,Zalnando,Berita Persib,Pemain Persib,Persib

Pemain bertahan Persib Bandung, Zalnando (Ayobandung.com/Eneng Reni)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pemain bertahan Persib Bandung, Zalnando mengaku tak masalah apabila suatu saat sang pelatih kepala Robert Alberta memintanya bermain bukan di posisinya. Pemain yang biasa beroperasi di sektor bek sayap kiri ini menyadari, di era sepak bola modern, setiap pemain dituntut bisa bermain di lebih dari satu posisi. 

Terlebih, Robert Alberts memang kerap mengubah posisi bermain para pemainnya saat pertandingan. Bukan tanpa alasan, selain karena kebutuhan startegi, pelatih asal Belanda itu biasanya memasang pemain di luar posisinya karena ada pemain yang absen baik karena alasan cedera maupun hukuman kartu.

"Ya kalau itu tergantung ke pelatih melihat saya cocoknya di mana," kata Zalnando usai sesi latihan di Stadion GBLA.

Selama mengarsiteki Persib Bandung, Robert sempat melakukan beberapa perubahan posisi pemain. Contohnya, saat kapten Persib Supardi Nasir yang berposisi sebagai bek sayap sempat menjadi penyerang sayap dalam beberapa laga. Begitu juga Ardi Idrus ynag sempat dimainkan di bek sayap kanan. Padahal posisi asli Ardi berada di bek kiri.

Di sisi lain bek berusia 23 tahun itu mengakui, posisi ternyamannya memang bermain sebagai bek sayap kiri. Namun, Zalnando tak masalah jika harus ditempatkan di posisi mana pun. Baginya, bisa memberikan penampilan terbaik merupakan hal utama dalam kontribusinya untuk tim.

"Tapi kalau saya sih di mana pun cocok yang penting saya maksimalin aja," ucapnya.

Selama 3 pekan terakhir, skuat Maung Bandung sudah memainkan 3 gim internal. Dalam 3 gim itu pula, Zalnando selalu berkontribusi untuk menyumbang gol bagi timnya.

"Kalau saya pribadi menurut saya itu momentum saja, momennya pas, karena tugas saya mensupport sisi kiri depan saya tapi ketiga mencetak gol di situ ada peluang di situ jadi saya cuma memanfaatkan saja," ungkapnya.

Pemain yang karib disapa Nando itu juga bercerita selama berkostum Pangeran Biru, dirinya nyaman berduet dengan Esteban Vizcarra dan Frets Butuan. Duet itu terjalin baik ketika bertahan maupun ketika menyisir lini pertahanan tim lawan.

"Kalau duet sisi kiri sih saya sama Esteban sama Frets sudah nyaman sih. Kalau di tengah sama bang Firman (saat berkostum Sriwijaya FC) pernah, sekarang sudah pensiun jadi saya pengen sama Mandacingi," ujarnya.

 

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers