web analytics
  

8 Hewan Laut yang Dilindungi di Indonesia

Selasa, 1 September 2020 11:37 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Umum - Unik, 8 Hewan Laut yang Dilindungi di Indonesia, Hewan yang Dilindungi,biota laut,terancam punah,Lumba-lumba,Ikan Pari Manta,Kima,Penyu,Ikan Pari Gergaji,Duyung,Ikan Hiu Paus,Paus

Lumba-lumba (Pixabay/Claudia14)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Indonesia merupakan negara yang sekira 62% wilayahnya terdiri atas laut dan perairan. Tidak heran apabila Indonesia memiliki beragam biota laut. Sayangnya, beberapa biota laut Indonesia sudah terancam punah.

Berikut beberapa biota laut Indonesia yang terancam penuh dan masuk ke dalam status dilindungi penuh.

1. Lumba-lumba

lumba-lumba.jpg" />
Lumba-lumba (Pixabay/Claudia14)

Di Indonesia, lumba-lumba hampir bisa ditemukan di seluruh perairan. Hingga saat ini, populasinya belum diketahui secara pasti. Beberapa contoh spesies lumba-lumba yang ada adalah lumba-lumba bungkuk, lumba-lumba paruh panjang, dan lumba-lumba hidung botol.

2. Ikan Pari Manta

Ikan Pari Manta. (kkp.go.id)

Hewan ini merupakan salah satu spesies pari terbesar di dunia. Manta juga dianggap lebih cerdas dibanding pari lain karena memiliki otak yang lebih besar. Ciri khas ikan ini adalah sepasang “tanduk” di dekat mulut yang berguna untuk membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton ke dalam mulut. Ada dua jenis Pari Manta yang dilindungi di Indonesia, yaitu Manta Karang dan Manta Oceanik.

3. Kima

kima.jpg" />
Kima. (kkp.go.id)

Kima adalah moluska yang memiliki habitat di terumbu karang dan berukuran besar. Di Indonesia terdapat 7 spesies Kima dari total 10 spesies yang ada di dunia. Pada tahun 2011, di Sulawesi Tenggara ditemukan Kima jenis baru yang kemudian diberi nama Tridacna kimaboe. 

4. Penyu

penyu.jpg" />
Penyu. (Pixabay/bphelan)

Penyu merupakan reptil yang memiliki dua kaki pendayung di bagian depan. Ada 6 jenis penyu yang dilindungi di Indonesia yaitu Penyu Tempayan, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, Penyu Hijau, Penyu Ridel, dan Penyu Pipih.

5. Ikan Pari Gergaji

Ikan Pari Gergaji. (Wikimedia commons)

Ikan Pari ini memiliki tubuh yang mirip hiu dan memiliki moncong yang sangat panjang dengan 16-32 gigi di tiap sisinya. Ikan ini menghuni perairan pantai dangkal dan dalam kurang dari 100 m. Terdapat 4 jenis Pari Gergaji yang dilindungi yaitu Pari Gerganji Lancip, Pari Gergaji Kerdil, Pari Gergaji Besar, Pari Gergaji Hijau. 

6. Duyung

duyung.jpg" />
Duyung. (AFP)

Duyung atau Dugong adalah mamalia yang tersebar di wilayah pesisir Indonesia. Dugong memiliki masa kehamilan 14 bulan dan hanya melahirkan satu anak setiap 2,5-5 tahun.

7. Ikan Hiu Paus

paus.jpg" />
Ikan Hiu Paus. (Pixabay/skeeze)

Tidak seperti paus yang masuk kategori mamalia, Hiu Paus merupakan ikan. Ukuran hewan ini bisa mencapai 12 meter. Hiu Paus menjadi ikon wisata bahari di Teluk Cendrawasih dan Pantai Bentar Probolinggo.

8. Paus

paus.jpg" />
Ikan Hiu Paus. (Pixabay/skeeze)

Paus merupakan mamalia laut yang berukuran besar. Di Indonesia, terdapat 21 jenis paus yang dilindungi. (Putri Shaina)

Sumber: kkp.go.id
Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers