web analytics
  

Survei Polsight: Popularitas Gun Gun Gunawan di Atas Nia Kurnia

Senin, 31 Agustus 2020 19:32 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Bandung Raya - Soreang, Survei Polsight: Popularitas Gun Gun Gunawan di Atas Nia Kurnia, Berita Bandung,Pilkada Serentak 2020,Nia Kurnia Naser,Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan

Ilustrasi Pilkada. (Ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Lembaga survei Polsight melakukan survei terkait kinerja Pemkab Bandung selama kepemimpinan Dadang M Naser dan Gun Gun Gunawan. Di samping itu, survei terkait keterkenalan calon bupati jelang Pilkada Serentak 2020.

"Survei kami lakukan pada bulan Agustus 2020 di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung dengan metode multi stage random sampling. Jumlah responden dalam survey ini sebanyak 452 responden, margin of error 5%," kata Direktur Eksekutif Polsight Yusa Djuyandi dalam keterangan tertulis, Senin (31/8/2020).

Menurut Yusa, dari riset ini, hal yang cukup mengagetkan adalah sebanyak 180 responden menolak adanya politik uang dalam pilkada, meski 88 menerima, dan selebihnya menyatakan masih ragu. Sementara berkenaan dengan kinerja pemkab selama ini, sebanyak 2% menjawab sangat puas, dan 65% puas, dan hanya 11% yang menyatakan kecewa.

"Tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemkab Bandung linear dengan kepuasan terhadap partai pendukungnya, Golkar dan PKS. Sebanyak 86 responden menyatakan Golkar sebagai partai yang peduli, 57 menyatakan PKS sebagai partai yang peduli," katanya.

Di luar partai pengusung, PDI Perjuangan berada di urutan ketiga sebagai partai yang peduli dengan 40 suara responden, Gerindra mendapat 28 suara responden, serta Demokrat 23 responden.

Sementara partai yang dikenal sebagai partai anti korupsi sebanyak 65 responden menyebut PKS sekaligus menempatkannya diurutan kesatu, diikuti Golkar dengan 36 perolehan suara, Gerindra 19, dan PDI-P 14.

"Adapun terkait dengan Bakal Calon Bupati Bandung. Mereka yang akan dipilih oleh masyarakat adalah yang lebih mempunyai pengalaman 111 suara, memiliki visi-misi serta program yang jelas merakyat 78 suara, terkenal atau populer suara 69, dekat dengan rakyat 41 suara," katanya.

Dari beberapa bakal calon bupati yang namanya sudah mengemuka, tingkat popularitas Gun Gun Gunawan mencapai 48,45%, diikuti Nia Kurnia 46,25%, Dadang Supriatna 26,99%, serta Yena Iskandar Masoem 23,67%. Untuk elektabikitas calon bupati, Gun Gun mendapat skor 32,74%, Nia Kurnia 31,19%, Dadang Supriatna 15,71%, dan Yena Iskandar Masoem 13,72%.

"Perlu kami sampaikan bahwa kondisi di atas sewaktu-waktu bisa berubah, sebagaimana 64% menyatakan masih mungkin merubah pilihannya," ujar Yusa.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers