web analytics
  

Perawatan Wajah dengan Masker Buah tak Disarankan Dokter

Minggu, 30 Agustus 2020 09:19 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Perawatan Wajah dengan Masker Buah tak Disarankan Dokter, Masker Wajah,dokter kulit,Kesehatan Wajah,kecantikan kulit

Lemon, biasa digunakan sebagai bahan masker wajah. (Steve Buissinne/Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dokter kulit tidak merekomendasikan menggunakan masker wajah dengan buah-buahan. Padahal sebagian orang banyak yang menggunakan bahan ini lantaran alami.

"Misal stroberi memang vitamin C tinggi, tapi dia dalam bentuk apa dulu. Dia akan lebih kompatible kalau diserap usus daripada diserap pori kulit," kata dr. Imelda T. Pardede M. Gizi, Sp.KK dikutip dari IGTV Perdoski, Sabtu (29/8/2020).

Ia menjelaskan bahwa molekul pada buah tidak sesuai dengan kulit. Terlebih beberapa buah mengandung getah yang bisa berdampak buruk pada kulit.

"Hati-hati itu bisa merangsang pada permukaan kulit. Jadi kalau ada buah dan sayur, mending dimakan saja daripada jadi masker," ucapnya.

Ia mencontohkan, timun yang juga sering dijadikan bahan masker, sebenarnya sekadar untuk mengompres kulit yang memberikan efek sejuk.

"Tapi kalau untuk zat masuk ke dalam kulit, tidak," ujar Imelda.

Menurut Imelda, kulit yang sehat sebenarnya bisa didapatkan jika nutrisi yang dikonsumsi tercukupi. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup sangat diperlukan untuk perawatan kulit dari dalam.

"Selain nutrisi, barrier juga diperlukan dari luar. Jadi pelembab itu mengoptimalkan (kondisi) kulit," ujarnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Sumber: Suara.com
Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers