web analytics
  

Yoga vs Pilates, Mana yang Paling Cocok untuk Anda?

Jumat, 28 Agustus 2020 14:50 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Yoga vs Pilates, Mana yang Paling Cocok untuk Anda?, yoga,Pilates,Kesehatan,Olahraga,penurunan berat badan,kesehatan jantung,kelenturan tubuh

Yoga vs Pilates. Apa bedanya? Mana yang paling cocok untuk Anda? (Pixabay/Shushipu)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Yoga dan pilates terlihat mirip, namun keduanya berbeda. Dari efeknya, mana yang paling pas untuk Anda?

Berikut perbedaan kedua olahraga ini.

1. Kesehatan Jantung

YogaHatha yoga memberikan sedikit efek kardio. Untuk kardio yang lebih berat, power yoga lebih efektif. Efeknya sama dengan efek aerobik jalan cepat.

Pilates: Anda mungkin akan merasakan terbakarnya otot saat melakukan gerakan seperti “the hundred”, namun jantung Anda tidak. Kardio rutinitas pemula sama seperti jalan lambat, sedangkan rutinitas level tinggi sama seperti jalan cepat.

2. Penurunan berat badan

Yoga: 50 menit hatha yoga membakar 145 kalori, sedangkan power yoga 250. Secara umum, apabila tujuan Anda menurunkan berat badan, yoga atau pilates bukan pilihan  paling tepat. Namun, apabila Anda rajin yoga, berat badan Anda tidak akan naik semudah orang lain saat Anda menua.

Pilates: 50 menit kelas pemula membakar 175 kalori, sedangkan level tinggi 255 – 375. Anda memerlukan 45 – 60 menit rutinitas level tinggi setidaknya 4 hari per minggu untuk menurunkan berat badan.

3. Kekuatan dan kelenturan tubuh

Yoga: Setelah 8 minggu yoga 3 kali seminggu, sekelompok orang dalam sebuah studi lebih lentur 24%. Mereka mampu push up 6 kali lebih banyak dan curl up 14 kali lebih banyak.

Pilates: Pilates lebih baik dalam penguatan otot perut, 310% lebih efektif dalam penguatan perut samping. Kelenturan secara umum pun akan lebih baik, terutama di punggung, pinggang, dan paha.

4. Keuntungan bonus

Yoga: Anda bisa mendapatkan kedamaian. Yoga menurunkan level hormon stres (kortisol) bahkan hanya dengan 1 sesi. Yoga juga mengurangi intensitas dan frekuensi kepanasan akibat menopause hingga 30%, menyembuhkan sakit punggung, dan menenangkan artritis.

Pilates: Tubuh Anda akan tampak lebih tinggi dan jenjang. Hal ini diakibatkan oleh kekuatan punggung, perut, dan kelenturan yang Anda bangun dari pilates(Farah Tifa Aghnia)

Sumber: Oprah
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers