web analytics
  

Guru Kunjung Lebih Efektif Dibanding Pembelajaran Jarak Jauh

Jumat, 28 Agustus 2020 14:41 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Guru Kunjung Lebih Efektif Dibanding Pembelajaran Jarak Jauh, pembelajaran jarak jauh (PJJ),Guru Kunjung,Pandemi Covid-19,Soreang,Guru,Psikis

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di Yayasan Pendidikan Satu Atap Ibnu Aqil Ibnu Sina (IAIS) Soreang, Jalan Lembur Tegal, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (5/8/2020). Sekolah yang memiliki total siswa sebanyak 700 siswa tersebut kembali menggelar kegiatan belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan dengan sistem bergilir yaitu satu minggu tatap muka, dua minggu belajar daring guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di lingkungan sekolah. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana memandang, pembelajaran tatap muka dengan pola guru kunjung, lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ada beberapa hal yang membuat guru kunjung lebih efektif dibanding PJJ yang selama pandemi Covid-19 ini diterapkan hampir di seluruh sekolah.

"Efektivitas guru kunjung ini luar biasa, bisa memberikan pembelajaran secara lebih realistis dibanding PJJ," tutur Juhana, Jumat (28/8/2020).

PJJ, kata Juhana, memiliki kelemahan dalam proses interaktif. Dalam praktik di lapangan, pembelajaran terkadang hanya berjalan satu arah, terlebih jaringan internet kerap menjadi kendala.

"Dengan guru kunjung, anak bisa belajar secara interkatif," ucapnya.

Selain itu, guru bisa memastikan kondisi anak baik secara fisik maupun psikis secara langsung. Berbeda dengan PJJ yang selama ini diterapkan.

Namun, lanjut Juhana, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuh, di antaranya persetujuan dari orang tua siswa, juga baik guru maupun siswa sama-sama harus dipastikan bebas dari Covid-19.

"Peserta didik tidak boleh lebih dari 5 orang. Tempatnya boleh di tempat siswa, halaman rumah, atau ruang terbuka, termasuk di rumah gurunya yang dekat dengan peserta didik. Intinya tempatnya harus nyaman dan bersih," tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers