web analytics
  

Apakah Face Shield Lebih Efektif dan Bisa Gantikan Masker?

Jumat, 28 Agustus 2020 13:10 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, Apakah Face Shield Lebih Efektif dan Bisa Gantikan Masker?, Face Shield,Masker Corona,Kesehatan,Cara Mencegah Virus Corona

Face shield dapat memberikan perlindungan tambahan dari COVID-19. Namun, para ahli mengatakan face shield hanya boleh digunakan sebagai pelengkap masker dan bukan sebagai penggantinya. (Pexels/Andrea Piacquadio)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Penggunaan masker adalah salah satu rekomendasi utama untuk mencegah penularan virus corona. Di sisi lain, penggunaan face shield plastik semakin meningkat. Face shield plastik mengatasi beberapa keberatan yang dimiliki orang-orang saat memakai masker, seperti panas dan membatasi pernapasan.

Lalu apakah face shield seefektif masker? Dapatkah face shield membantu mencegah penyebaran Covid-19? Dirangkum dari Healthline, Rabu (26/8/2020) berikut jawabannya.

Menurut Michael B Edmond, kepala petugas kualitas dan kepala petugas medis untuk Perawatan Kesehatan Universitas Iowa, Amerika Serikat, face shield plastik dapat mengurangi risiko tertular virus.

“Mekanisme utama penularan Covid-19 tampaknya melalui droplet,” katanya.

Dia menambahkan, face shield sangat baik dalam mencegah droplet tidak bersentuhan dengan hidung, mulut, dan mata, yang menjadi tempat masuknya virus.

Joy Henningsen, asisten profesor klinis di Universitas Alabama, Amerika Serikat, menuturkan, belum memiliki data soal apakah face shield saja dapat mencegah penyebaran virus corona. Menurutnya, yang jelas, face shield tidak boleh digunakan sebagai pengganti masker, dengan dalih memberikan perlindungan yang sama.

“Tetapi (face shield) dapat melindungi pemakainya dari orang yang terinfeksi, saat digunakan dengan masker,” ujar Henningsen.

Dia juga mengatakan, saat melawan virus corona, semakin banyak perlindungan akan semakin baik. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari face shield, Henningsen dan Edmond merekomendasikan 3 tipnya.

1. Selalu Kenakan Face Shield dengan Masker

Henningsen menjelaskan face shield memberikan manfaat maksimal saat dipakai bersama dengan masker wajah. “Menambahkan face shield seperti (menambahkan) lapisan gula pada kue dan memberikan perlindungan kepada pemakainya,” katanya.

2. Pastikan Face Shield Terpasang dengan Pas

Menurut Edmond, face shield harus setinggi dagu atau di bawahnya, serta harus hampir mencapai telinga. Tidak boleh ada celah antara dahi dan bagian depan face shield kecuali ada penutup di atas celah tersebut.

“Jika tidak, droplet bisa masuk melalui celah dan mendarat di wajah,” tutur Edmond.

3. Bersihkan dan Disinfeksi Face Shield setelah digunakan

Membersihkan face shield bisa dilakukan mengikuti instruksi produsennya jika tersedia. Apabila tidak, bersihkan dengan deterjen netral dan air hangat untuk menghilangkan kotoran yang terlihat. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Saat melakukan disinfeksi face shield, sebaiknya gunakan larutan berbasis klorin. Menggunakan alkohol dapat merusak plastik dan lem seiring waktu. Bilas kembali dengan air bersih untuk menghilangkan residu, kemudian angin-anginkan. (Ventriana Berlyanti)

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers