web analytics
  

3 Tanda Skincare Bekerja di Kulit Anda

Jumat, 28 Agustus 2020 12:54 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 3 Tanda Skincare Bekerja di Kulit Anda, perawatan,Kesehatan,Kecantikan,skincare

[Ilustrasi] Menggunakan skincare untuk merawat kulit. (Unsplash/@thecreative_exchange)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Memiliki kulit yang sehat dan cantik menjadi keinginan banyak orang. Oleh karena itu, orang-orang kerap mengalokasikan uangnya untuk membeli berbagai macam produk perawatan kulit atau skincare.

Meski begitu, berurusan dengan produk perawatan kulit sebenarnya cukup rumit. Terutama untuk menyesuaikannya dengan tipe kulit masing-masing. Salah-salah menggunakan, efeknya justru akan membuat kulit wajah rusak dan hanya membuang uang untuk produk yang tidak bisa dipakai lebih lanjut. 

Tidak semua produk mahal berarti akan cocok untuk kulit. Penting juga untuk tidak tergiur dengan iming-iming efek yang instan pada kulit. Menurut dr Melanie Palm seorang ahli kulit, butuh waktu sekitar 3 hingga 4 bulan untuk melihat efek keseluruhan produk perawatan kulit pada kulit Anda.

Berikut adalah 3 tip yang bisa digunakan untuk mengukur apakah memang produk tersebut cocok atau justru berbahaya untuk kulit.

Pertama, kulit Anda terlihat terhidrasi dengan baik. Ingat, terhidrasi tidak sama dengan berminyak. Hidrasi penting untuk kulit. Di sisi lain, minyak akan menimbulkan breakout pada kulit.

Jika kulit terlihat terhidrasi dan cerah, itu berarti kulit Anda cocok dengan produk yang tengah Anda gunakan secara rutin. Kulit yang terhidrasi dan sehat dengan baik memiliki tanda bersinar di bagian atas tulang pipi, puncak dahi, dan busur cupid. Adapun busur cupid adalah area yang melengkung pada bibir atas.

Kedua, kulit Anda tidak gatal atau iritasi. Kulit adalah organ imunologi yang dapat mendeteksi alergen luar dan menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi di dalam yang berhubungan dengan makanan dan obat.

Terkadang sulit menentukan gatal pada kulit yang disebabkan alergi dan iritasi. Produk seperti retinol dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada bulan pertama saat kulit menyesuaikan. Namun, jika sakit dan iritasi meningkat setelah dua atau tiga minggu penggunaan, hentikan penggunaan produk dan pergilah ke dokter kulit.

Ketiga, kulit Anda terasa kenyal dan warnanya seragam. Ini merupakan cara mudah untuk melihat apakah produk perawatan kulit yang Anda gunakan bekerja pada kulit. Jika kulit Anda terasa tidak terlalu bergelombang, ukuran pori-pori Anda mengecil, dan noda, jerawat, dan perubahan warna berkurang, produk Anda mungkin berhasil. (Putri Shaina)  

Sumber: Insider
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers