web analytics
  

Benarkah Makan Udang dan Es Jeruk Bersamaan Bikin Keracunan?

Jumat, 28 Agustus 2020 12:50 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Benarkah Makan Udang dan Es Jeruk Bersamaan Bikin Keracunan?, Hoaks,Udang,es jeruk,mitos,fakta

Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa makan udang dan minum es jeruk bisa menyebabkan keracunan adalah hoaks. (Pixabay/Shutterbug75)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa makan udang dan minum es jeruk bisa menyebabkan keracunan adalah hoaks.

Direktur gizi masyarakat Kemenkes dr Dhian P Dino menyampaikan, tidak pernah ada bukti kombinasi mengonsumsi secara bersamaan udang dan es jeruk bisa menyebabkan seseorang mengalami keracunan hingga meninggal dunia.

"Tidak ada bukti yang jelas tentang hal tersebut. Karena makan udang tidak mungkin sekali makan langsung 50 kilo (kg) kan," kata Dhian dalam webinar, Jumat (28/8/2020). 

Dia menjelaskan, makanan atau minuman yang mengandung vitamin C justru akan membantu penyerapan zat besi pada makanan. Hanya saja, kata dia, mengonsumsinya tidak berlebihan. "Sebenarnya kalau semua dimakan sesuai dengan kebutuhan, akan baik-baik aja," ujarnya. 

Sementera itu, dr Reisa Broto yang juga pernah tergabung dalam tim Komunikasi Satgas Covid-19 pernah menjelaskan, seseorang baru akan keracunan jika udang yang dikonsumsinya mengandung arsen anorganik sebanyak 70-200 miligram atau sekitar 100 kilogram udang.

Sementara itu, kebanyakan udang mengandung arsen organik. "Tidak beracun karena dia (arsen organik) mudah masuk ke dalam sel dan mengalami metabolisme yang terbatas," kata Reisa dikutip dari kanal YouTube-nya.

Menurutnya, udang bisa mengandung arsen anorganik jika terpapar dari tempatnya berkembang biak yang tidak bersih, terutama perairan yang sudah tercemar logam berat. "Tapi itu jumlahnya sangat sedikit sekitar 0,25 sampai 0,5 miligram per kilogram," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers