web analytics
  

8 Fakta Menarik tentang Gigi yang Jarang Diketahui

Jumat, 28 Agustus 2020 10:56 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 8 Fakta Menarik tentang Gigi yang Jarang Diketahui, Merawat Gigi,GIGI,mulut,Kesehatan,Hiu,Sidik Jari

Terdapat delapan fakta menarik tentang gigi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya (Unsplash.com/Rudi Fargo)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tahukah berapa banyak gigi yang akan Anda miliki seumur hidup? Hewan mana yang paling mirip dengan gigi Anda? Dan tahukah Anda apa bahan sikat gigi pertama?

Dalam BBC Radio 4's In Our Time, terdapat beberapa fakta menarik tentang gigi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Berikut ulasannya.

Gigi kemungkinan berevolusi dari lidah

Melihat ke setengah miliar tahun yang lalu, nenek moyang hiu dan manusia sama sekali tidak memiliki gigi di mulut mereka, atau bahkan rahang. Mereka adalah ikan lapis baja penghisap makanan.

Bagaimana vertebrata mengembangkan gigi masih belum ditentukan, tetapi teori mengatakan bahwa sisik seperti gigi mereka mulai muncul di mulut mereka sebagai gigi, atau beberapa lidah mereka yang berubah menjadi lebih keras.

Gigi berkembang di dalam rahim

Gigi mulai tumbuh bahkan sebelum manusia lahir, meskipun gigi tersebut baru akan tumbuh sampai manusia berusia antara 6 dan 12 bulan.

Kebanyakan anak memiliki 20 set lengkap gigi susu saat mereka berusia 3 tahun. Kemudian, pada usia 5 atau 6 tahun, gigi ini mulai rontok untuk membuka jalan bagi gigi dewasa.

Anda memiliki sekitar lima puluh gigi sepanjang hidup

Pada usia 12 hingga 14 tahun manusia memiliki total 32 gigi dewasa. Empat di antaranya adalah gigi bungsu dan biasanya muncul lebih lambat dari yang lain, antara usia 17 dan 21 tahun.

Berbeda dengan manusia yang punya jumlah total gigi sekitar 50 dalam hidupnya, hiu putih besar dapat menghasilkan sekitar 100.000 gigi sepanjang hidup mereka. Beberapa spesies hiu menghasilkan satu set gigi baru setiap dua minggu!

Gigi Anda secara genetik sama dengan gigi hiu

Anda mungkin tidak dapat membuat gigi baru seperti hiu tetapi gigi yang Anda miliki hampir identik dengan yang ada di mulut hiu dan, pada kenyataannya, hampir semua ikan.

Mempelajari lebih lanjut tentang gigi hiu dan bagaimana mereka beregenerasi pada akhirnya dapat mengajari manusia cara menumbuhkan gigi baru di kemudian hari. Dengan hidup yang semakin panjang dan pola makan semakin asam, manusia mungkin bisa melakukannya jauh lebih banyak.

Manusia memiliki empat jenis gigi

Daripada meregenerasi gigi, manusia menjadi lebih fokus pada pembentukan gigi dalam bentuk tertentu untuk fungsi tertentu, di antaranya,

Gigi seri: Gigi seri adalah empat gigi depan di rahang atas dan bawah dan ini digunakan untuk memotong makanan dan meneruskannya ke bagian belakang mulut.

Taring: Gigi taring adalah gigi tajam dan runcing di kedua sisi gigi seri yang membantu merobek makanan.

Premolar: Gigi premolar adalah gigi lebar yang digunakan untuk menghancurkan dan menggiling makanan.

Geraham: Geraham itu lebih kuat, berfungsi untuk menghaluskan makanan sampai siap untuk ditelan dengan aman.

Jenis-jenis gigi tersebut menjadikan manusia omnivora yang efektif, yang pandai mengunyah mulai dari tumbuhan sampai merobek daging.

Gigi mamalia lain telah berkembang dengan cara yang berbeda, contohnya mulut sapi penuh dengan geraham besar untuk menggiling rumput sedangkan gigi geraham kucing lebih seperti pisau untuk memotong daging.

Gigi memiliki empat lapisan berbeda

Gigi manusia terdiri dari empat lapisan utama. Enamel mengilap melapisi gigi. Ini adalah zat yang paling keras di tubuh dan melindungi bagian dalam gigi yang sensitif.

Di bawahnya ada blok dentin, zat keras lainnya. Ini mengelilingi rongga inti pulpa, yang berisi saraf dan suplai darah gigi.

Jaringan keempat terlibat dalam perlekatan gigi ke tulang rahang, dinamakan sementum.

Terakhir gusi. Diketahui hanya dua pertiga dari setiap gigi yang benar-benar terlihat, sisanya tersembunyi di dalam gusi.

Gigi Anda seunik sidik jari Anda

Sama seperti sidik jari, gigi Anda dan bagaimana susunannya di mulut itu sangat unik. Inilah sebabnya mengapa catatan gigi sering digunakan untuk mengidentifikasi jenazah manusia.

Bahkan anak kembar identik tidak akan memiliki gigi yang sama persis. Menariknya pula, permukaan lidah manusia juga sejenis, dengan bentuk dan teksturnya yang unik.

Sikat gigi pertama berasal dari tahun 3500 SM

Alat seperti sikat gigi, seperti tongkat dengan ujung berjumbai, berasal dari 3500-3000 SM, era Babilonia dan Mesir Kuno.

Sikat bulu pertama yang diketahui menyerupai sikat gigi berasal dari Dinasti Tang, sekitar 700 Masehi. Ia terdiri dari pegangan yang terbuat dari tulang binatang atau bambu dan bulu bulu babi.

Ada pun obat kumur, di era Roma Kuno, Bangsa Romawi menggunakan urine steril untuk membilas mulut! (Fariza Rizky Ananda)

Sumber: BBC
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers