web analytics
  

Pemkab Tasik Wacanakan Penataan Situ Sanghyang pada 2022

Jumat, 28 Agustus 2020 05:59 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Pemkab Tasik Wacanakan Penataan Situ Sanghyang pada 2022, Situ Sanghyang,Situ Sanghyang Tasik,Berita Tasikmalaya,Tasikmalaya,Wisata Tasikmalaya

Situ Sanghyang (Ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Pemkab Tasikmalaya berencana mengusulkan kembali anggaran kepada Pemprov Jawa Barat untuk penataan objek wisata Situ Sanghyang yang ada di Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya pada 2022 mendatang.

Sebelumnya, Bantuan Provinsi (Banprov) sebesar Rp 2,5 miliar sudah diterima Pemkab pada tahun 2020. Namun karena adanya pandemi Covid-19, anggaran itu tidak terserap.

"Akhirnya dikembalikan lagi ke Provinsi, karena adanya Covid-19. Nah tahun 2022 nanti, kita usulkan untuk penataan Situ sanghyang," ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya Safari Agustin, Kamis (27/8/2020).

Pemerintah, lanjut Safari, akan melakukan beberapa penataan di situ sanghyang, diantaranya penata jalur sepeda dan melengkapi beberapa fasilitas termasuk warung-warung sebagai bagian dari fasilitas objek wisata.

"Kita sudah ada konsep, jalan setapak yang mengelilingi situ, akan dibuat jogging track dan jalur kkhusus sepeda," ujar Safari.

Sementara itu, Komisi X DPR RI Ferdiansyah menuturkan, pihaknya mendorong adanya penataan di seluruh objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya. Namun penataan dimasa Pandemi Covid-19 ini, diperlukan adanya penyesuaian.

Maka penyesuaian itu dilakukan dengan menggelorakan gerakan Bersih Indah Sehat dan Aman (Bisa) di seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Melalui gerakan ini, kita bersihkan lokasi objek wsiata salah satunya Situ Sanghyang ini. Jadi ada penyeusaian sesuai kondisi pandemi. Mudah-mudahan ke depan kita mendorong pengeloaannya, terutama dari segi anggaran," ujarnya.

Sumber: Ayotasik.com
Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers