web analytics
  

Warga Manfaatkan Air Situ Sanghyang Saat Kemarau

Jumat, 28 Agustus 2020 05:37 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Warga Manfaatkan Air Situ Sanghyang Saat Kemarau, Situ Sanghyang,Situ Sanghyang Tasik,Berita Tasikmalaya,Musim Kemarau

Situ Sanghyang (Ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Selain sebagai objek wisata, keberadaan Situ Sanghyang di Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya juga digunakan sebagai sumber air bersih warga dua desa yakni Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik di saat musim kemarau.

Meskipun musim kemarau, kondisi debit air situ seluas 19 hektare tersebut masih melimpah walau mengalami penyusutan. Setiap pagi, siang, dan sore hari, banyak warga yang mengangkut air menggunakan jerigen atau penampungan air untuk dibawa ke rumah.

Makmur (47) warga sekitar situ sanghyang menuturkan, meskipun kemarau panjang, situ sanghyang tidak pernah surut walau debit air berkurang. Hal ini karena, adanya sumber air yang tidak pernah kering berada di tengah-tengah situ.

"Saemut bapak mah, can pernah situ sanghyang teu aya caian. Pasti we aya sok sanajan ngurangan," ujar Makmur, Kamis (27/8/2020).

Karena debit air masih ada, lanjut Makmur, air situ sanghyang selalu dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Airnya pun cukup bersih dan jernih.

"Jadi sok biasa, pami halodo warga seueur anu ngala cai ti sanghyang. Da caina oge bersih jaba herang," ucap Makmur.

Hal senada diungkapkan Nining (40) warga lainnya. Nining mengaku, saat kemarau panjang, sumber air yang tersisa di daerah Cilolohan hanya situ sanghyang. Jadi tidak heran, warga sering berbondong-bondong mengambil air situ untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kadang juga sampai ada yang nyuci baju sama nyuci piring. Alhamdulilah masih ada sumber air," ujar Nining. 

Sumber: Ayotasik.com
Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers