web analytics
  

Ridwan Kamil: Ada 3 Klaster Baru Covid-19 di Kawasan Industri

Kamis, 27 Agustus 2020 18:09 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Ridwan Kamil: Ada 3 Klaster Baru Covid-19 di Kawasan Industri, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,Klaster Covid-19,Kawasan Industri

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Nur Khansa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut ada klaster baru penyebaran Covid-19 di kawasan industri MM2000 Cikarang, Bekasi. Klaster tersebut tersebar di 3 pabrik.

"Ditemukan klaster baru di kawasan MM2000, yaitu kawasan industri di Cikarang Bekasi. Hari ini sudah dilakukan banyak pengetesan di wilayah itu," ungkapnya dalam konferensi pers yang digelar secara daring, Kamis (27/8/2020).

Klaster-klaster tersebut, ia mengatakan, meliputi klaser pabrik LG, pabrik Suzuki dan satu pabrik lain yang baru ditelusuri sehingga belum dapat diumumkan lokasinya. Di pabrik LG terdapat 242 karyawan yang terpapar, sementara di Suzuki terdapat 71 karyawan yang positif Covid-19.

"Klaster LG jumlahnya 242, sangat banyak, dimana domisili mereka yang terpapar ada di kabupaten (Bekasi), ada yang di Jakarta dan di Karawang," ungkapnya.

Ia mengatakan, seluruh karyawan yang dinyatakan positif Covid-19 di pabrik-pabrik tersebut saat ini tengah menjalani isolasi mandiri. Lokasi isolasi dipusatkan di President University.

Terkait penyebab penyebaran Covid-19 di kawasan pabrik dan perkantoran, ia mengatakan, hal tersebut dapat disebabkan oleh aktivitas di luar jam kerja yang sulit dikontrol. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan yang kurang maksimal di kantor yang bersangkutan juga dapat menjadi pemicunya.

"Saya lebih meyakini terpaparnya justru di luar pabriknya. Ini yang harus ditegakkan pemimpin perusahaan agar karyawannya sepulang dari kantor bisa mengkuti protokol kesehatan. Jangan karena tidak disiplin di luar kanto jadi bawa penyakit," ungkapnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers