web analytics
  

5 Bahan Alami Obat Sakit Tenggorokan

Rabu, 26 Agustus 2020 21:59 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Bahan Alami Obat Sakit Tenggorokan, Bahan Alami,obat sakit tenggorokan

Ilustrasi Sakit Tenggorokan. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sakit tenggorokan biasanya disertai rasa kering atau gatal di bagian tenggorokan. Umumnya, kondisi ini bisa sembuh dengan sendiri, tapi Anda tetap memerlukan obat untuk sakit tenggorokan.

Karena, kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi atau faktor lingkungan, seperti udara kering. Meskipun bukan masalah berbahaya, sakit tenggorokan bisa mengganggu aktivitas harian dan membuat seseorang tidak percaya diri.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur atau perawatan rumahan untuk obat sakit tenggorokan. Dilansir dari Healthline, pengobatan rumahan ini sudah dipercaya ampuh meredakan nyeri dan iritasi.

Madu

Madu yang dicampur dengan teh salah satu pengobatan rumahan yang ampuh mengatasi sakit tenggorokan. Satu studi menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk di malam hari. Selain itu, madu juga bisa menyembuhkan luka dan sakit tenggorokan lebih cepat.

Air garam

Kumur air garam sudah dipercaya sebagai obat untuk sakit tenggorokan yang ampuh. Karena, cara ini bisa membantu membunuh bakteri di tenggorokan dan memecah sekresi.

Buatlah larutan air garam dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Berkumur bisa membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga kebersihan tenggorokan.

Peppermint

Peppermint yang bisa menyegarkan napas juga ampuh sebagai obat sakit tenggorokan. Karena, peppermint mengandung mentol yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan serta batuk.

Peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus, yang dapat mendorong penyembuhan.

Soda kue

Kumur soda kue juga termasuk obat untuk sakit tenggorokan yang bisa dilakukan di rumah. Larutan ini bisa membantu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi serta jamur.

Institut Kanker Nasional merekomendasikan campuran 1 cangkir air hangat, 1/4 sendok teh soda kue dan 1.8 sendok teh garam.

Bawang putih

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami, mengandung allicin yang bisa melawan infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih bisa membantu mencegah virus flu biasa.

Anda bisa mengisap bawang putih untuk mengobati sakit tenggorokan. Karena, bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk antimikroba.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers