web analytics
  

5 Makanan yang Bisa Jadi Obat Rambut Rontok

Rabu, 26 Agustus 2020 17:48 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan yang Bisa Jadi Obat Rambut Rontok, Rambut Rontok,Kesehatan Rambut,Kecantikan,alami,Sari kunyit pengganti tinta pemilu,Bawang Merah

Ada 5 makanan yang dipercaya ilmuwan berpotensi melawan rambut rontok! (Pixabay/StockSnap)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Enzim bernama 5-alpha reduktase merupakan kontributor terbesar kerontokan rambut. Enzim itu mengubah 5% testosteron manusia ke dihidrotestosteron (DHT) yang menyebabkan kerontokan rambut.

Dengan “menghalangi” enzim 5-alpha reduktase, terdapat setidaknya 5 makanan yang dipercaya mengurangi DHT dari testosteron dan mencegah rambut rontok.

1. Teh hijau

Selama proses produksi, teh hijau dikukus sehingga kandungan alaminya tidak berkurang. Salah satu kandungan alaminya adalah epigalotekin galat (EGCG).

EGCG berkontribusi untuk penurunan berat badan, kesehatan jantung, dan kesehatan otak. EGCG juga melindungi folikel rambut dari kerontokan akibat DHT.

Saat ekstrak alkohol EGCG dibalur di kulit kepala 3 pria selama 4 hari, ditemukan EGCG mencegah kematian sel yang mengatur pertumbuhan rambut.

Sayangnya, studi lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan teh hijau sebaga solusi rambut rontok. Namun, kandungan sehat di dalamnya tidak salah untuk dikonsumsi, bukan?

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa bukan hanya digunakan untuk memasak, melainkan juga produk skin care dan perawatan rambut.

Dalam tabung reaksi, lemak yang dihasilkan minyak kelapa berhasil menghentikan produksi DHT. Selain tabung reaksi, percobaan hewan lewat konsumsi oral pun menunjukkan hasil positif.

3. Bawang merah

Bawang merah mengandung sedikit kalori tapi kaya akan antioksidan seperti quercetin.

Dalam studi praklinik, quercetin menghentikan reaksi enxim 5-alpha reduktase. Saat dicampur dengan obat umum untuk mengurangi kerontokan, quercetin mengurangi kerontokan di tikus.

Meskipun hasil percobaan ini menjanjikan, belum ada studi yang mencobanya pada manusia.

Sayur dan buah lain yang kaya akan quercetin adalah asparagus, bayam, kale, apel, dan beri-berian.

4. Kunyit

Kunyit terbukti dapat mengurangi rasa sakit artritis, memperbaiki tingkat kolesterol, dan mempercepat pemulihan setelah olahraga.

Efek-efek tersebut berhubungan dengan konsentrasi tinggi kunyit akan kandungan aktif kurkuminoid. Jenis kurkuminoid yang sering diteliti adalah kurkumin.

Studi praklinik menunjukkan kurkumin menurunkan tingkat DHT dengan menghentikan kerja 5-alpha reduktase.

5. Biji labu

Biji labu kaya akan zat besi, zinc, magnesium, dan antioksidan.

Sebuah studi selama 24 minggu menunjukkan 76 pria dengan kerontokan rambut yang mengonsumsi suplemen minyak biji labu 400 mg setiap hari mengalami pertumbuhan rambut.

Minyak biji labu rupanya menghentikan kerja enzim yang memproduksi DHT. Namun, suplemen yang digunakan untuk studi tersebut mengandung berbagai bahan aktif lainnya.

Studi yang lebih lanjut tentang tingkat efektivitas biji labu tunggal untuk rambut rontok perlu dilakukan.Selamat mencoba! (Farah Tifa Aghnia)

Sumber: Healthline
Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers