web analytics
  

10 Tempat Hiburan Malam di Kota Bandung Diizinkan Buka

Rabu, 26 Agustus 2020 11:02 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, 10 Tempat Hiburan Malam di Kota Bandung Diizinkan Buka, Hiburan Malam,Kota Bandung,Karaoke,Pariwisata Bandung,hiburan bandung,Berita Bandung

Salah satu tempat hiburan malam di Kota Bandung (Ayobandung.com/Nur Khansa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 10 tempat hiburan malam di Kota Bandung saat ini sudah kembali diizinkan untuk beroperasi. Mayoritas jenis tempat hiburannya adalah karaoke.

Kepala Bidang Pembinaan Jasa Usaha Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Edward Edo Parlindungan mengatakan, ke-10 tempat hiburan tersebut sudah mendapat persetujuan operasional dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung. Hingga Selasa (25/8/2020), Disbudpar Bandung telah mengajukan sedikitnya 49 tempat usaha untuk kembali beroperasi.

"Kita keluarkan nota dinas 15, tadi sore sudah kita masukan lagi 34. Itu semuanya (tempat hiburan malam) yang sudah memenuhi syarat, tinggal menunggu persetujuan gugus tugas," ungkapnya di Balai Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

Dari 49 tersebut, baru 10 yang sudah mendapat tandatangan surat rekomendasi dari gugus tugas. Sisanya tinggal menunggu tandatangan, namun secara prosedur disebut telah memenuhi syarat termasuk sudah melakukan rapid test pada seluruh karyawan yang akan bertugas.

"Semua sudah tidak ada masalah, tinggal nunggu (surat rekomendasinya) diketik dan disampaikan pada pak Sekda (Sekretaris Daerah Kota Bandung)," jelasnya.

Dia mengatakan, jenis tempat hiburan lainnya seperti biskop masih belum mendapat izin, namun surat rekomendasi sudah disampaikan ke gugus tugas, Selain tempat karaoke, terdapat pula 1 diskotik yang telah diizinkan dibuka.

"Mereka itu yang sudah memenuh syarat, tinggal nunggu surat dari gugus harian. Kalau belum ada surat persetujuan, operasional jangan dulu dibuka," ungkapnya.

Dia mengatakan, belum ada aturan lebih lanjut mengenai pembatasan jam operasional tempat-tempat hiburan yang telah diizinkan beroperasi tersebut. Namun, ada sejumlah syarat protokol kesehatan lain yang harus dipenuhi.

"Kalau di perwal tidak tertulis ya (pembatasan jam), tapi kami sudah sounding ke pengusaha (tempat karaoke kalau bisa maksimal 2-3 jam," ungkapnya.

"Intinya udara di ruangan itu harus bagus karena dikhawatirkan ada penularan airborne. Harus ada exhaust fan yang bagus, AC jangan terlalu dingin, mic harus disterilkan dan pakai penutup," jelasnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers