web analytics
  

20 TPS di Kota Cirebon Bakal Ditransformasi Jadi Taman

Selasa, 25 Agustus 2020 05:54 WIB Erika Lia
Umum - Regional, 20 TPS di Kota Cirebon Bakal Ditransformasi Jadi Taman, Berita Cirebon,Tempat Pembuangan Sampah,TPS di Cirebon,Pengelolaan Sampah

Spanduk penanda penutupan TPS di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 20 tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di Kota Cirebon akan ditutup. Secara bertahap, eks-TPS diproyeksikan sebagai taman-taman kota.

Sejauh ini, sedikitnya 4 TPS se-Kota Cirebon telah ditutup, masing-masing TPS di Jalan Wahidin, TPS Kesambi, TPS di Jalan Prujakan, dan terakhir, TPS di Jalan Cipto Mangunkusumo, yang ditutup Senin (24/8/2020).

"Rencananya 20 TPS akan kami tutup dan difungsikan sebagai taman kota," ungkap Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati di sela penutupan TPS Jalam Cipto Mangunkusumo.

Sejauh ini, imbuhnya, sudah 3 TPS yang diubah menjadi taman kota. Rencananya, kali ini 3 TPS lain akan pula ditutup dan diubah wujudnya sebagai taman, salah satunya TPS di Jalan Cipto Mangunkusumo.

Tak hanya mempercantik performa Kota Cirebon, taman yang dibangun pula difungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Dia tak menampik, selurus TPS kini tak lagi dapat menampung beban volume sampah.

"Jumlah penduduk terus bertambah, TPS jadi tak sanggup lagi nampung sampah yang volumenya terus meningkat," tuturnya.

TPS yang kelebihan beban pun akhirnya menimbulkan beberapa persoalan, mulai bau tak sedap yang menguar di udara hingga ceceran sampah di jalan.

Namun begitu, pihaknya belum menetapkan target penutupan keseluruhan TPS. Menurutnya, dibutuhkan waktu untuk menyiapkan penutupan, di antaranya menyiapkan infrastruktur pengganti TPS, perencanaan desain, ketersediaan anggaran, hingga pendekatan kepada masyarakat dan menyosialisasikan ihwal penutupan.

Dia menyontohkan, TPS yang hari ini ditutup selama ini dimanfaatkan bagi warga di sedikitnya 10 RW setempat. Pasca penutupan, pelayanan pembuangan sampah warga sekitar pun digantikan dengan TPS keliling/mobile.

"Kami ingin secepatnya, kalau bisa semuanya selesai tahun ini," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdul Syukur menyebutkan, untuk warga yang biasa membuang sampah pada TPS yang telah ditutup, disediakan dump truk.

"Kami siapkan TPS mobile yang menjemput sampah warga secara rutin," cetusnya.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers