web analytics
  

Begini Cara Memulihkan Akun Whatsapp yang Diretas

Minggu, 23 Agustus 2020 04:43 WIB Redaksi AyoBandung.Com
Bisnis - Gadget, Begini Cara Memulihkan Akun Whatsapp yang Diretas, WhatsApp,Peretasan,facebook

WhatsApp (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Aplikasi perpesanan instant, Whatsapp merupakan salah satu aplikasi perpesanan paling populer di planet ini. Platform milik Facebook memiliki lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia dan menawarkan pengalaman berbincang terenkripsi end-to-end.

Namun, karena popularitasnya, aplikasi perpesanan tersebut juga digunakan oleh pelaku kejahatan untuk menyebarkan informasi yang salah. Beberapa bahkan mencoba mendapatkan akses ke akun pengguna. Penipu mencoba mengelabui  pengguna Whatsapp untuk mendapatkan akses ke kode verifikasi enam digit.

Kode itu pada dasarnya adalah OTP yang digunakan oleh Whatsapp untuk masuk ke akun. Memberi seseorang kode verifikasi pengguna akan mengakibatkan akun Whatsapp Anda diretas.

Dilansir dari Indian Express, Sabtu (22/8), menggunakan verifikasi dua langkah akan menyelamatkan pengguna dari penyusupan akun, bahkan jika seseorang mendapatkan kartu SIM atau kode verifikasi pengguna. Kode verifikasi ini adalah lapisan keamanan tambahan yang berfungsi seperti kata sandi untuk akun Whatsapp.

Namun, jika pengguna tidak menggunakan fitur tersebut, akun mereka bisa diretas seandainya seseorang mendapatkan kode verifikasinya. Karena obrolan disimpan di ponsel, peretas tidak akan dapat membaca obrolan lama milih pengguna, namun mereka bisa menggunakan akun Whatsappnya untuk motif tersembunyi. Kendati demikian ada cara untuk mendapatkan kembali akun Whatsapp.

Untuk mendapatkan kembali akun Whatsapp yang diretas, pengguna harus masuk lagi ke Whatsapp dengan nomor telepon. Pengguna akan menerima kode verifikasi enam digit melalui SMS yang dibaca Whatsapp dan pengguna masuk secara otomatis.

Setelah masuk, peretas akan secara otomatis keluar dari akun pengguna. Jika peretas mengaktifkan verifikasi dua langkah setelah mendapatkan akses ke akun Whatsapp, pengguna harus menunggu selama tujuh hari untuk memulihkan akun. Khususnya, saat pengguna menunggu pemulihan akun, peretas tidak dapat lagi mengakses akun pengguna.

“Terlepas dari apakah Anda mengetahui kode verfikasi ini, orang lain telah keluar dari akun Anda setelah Anda memasukkan kode SMS enam digit,” kata Whatsapp.

Untuk menyimpan akun Whatsapp dari penipuan, jangan pernah membagikan kode aktivasi pada siapa pun. Selain itu, sekali lagi, jangan lupa untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk pengalaman yang lebih aman. Berhati-hatilah dengan panggilan yang meminta untuk membagikan informasi pribadi atau meminta menginstal aplikasi tertentu.

Sumber: Republika
Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers