web analytics
  

Lembang Padat, Polisi Berlakukan One Way

Jumat, 21 Agustus 2020 20:17 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Ngamprah, Lembang Padat, Polisi Berlakukan One Way, Lembang,Sistem Jalan Satu Arah (One Way),Polres Cimahi

Sistem One Way di Lembang. (Tri Junari)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Libur akhir pekan yang bertepatan dengan libur panjang Tahun Baru Islam 1442 H wisatawan yang menuju Lembang terus mengalami peningkatan. Polisi Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi sebanyak 3 kali menerapkan beberapa kali sistem oneway di ruas jalan untuk mengurai arus kendaraan.

"Hingga siang ini kami telah melakukan cara bertindak sistem oneway sebanyak tiga kali. Yakni dua kali di depan objek wisata The Great Asia Africa dan satu kali di jalan simpang Beatrix," terang KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar di Lembang.

Duddy menyebutkan, dibanding Kamis kemarin, kendaraan yang masuk ke Lembang hari ini mengalami peningkatan hingga 40%. Bahkan tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut bisa bertambah mengingat libur masih ada dua hari ke depan.

"Oneway sifatnya situasional, ketika kemacetan panjang terjadi baru diterapkan. Itu untuk mengurai kepadatan kendaraan karena biasanya antrean mencapai perbatasan KBB dan Kota Bandung," sebutnya.

Kebanyakan pengendara di tumpangi kendaraan pribadi yang berasal dari luar Kota Bandung. Terlihat dari pelat nomor kendaraan mereka yang berhuruf depan B, F, Z, A, dan lainnya.

Meski masih dalam kondisi adaptasi kebiasaan baru (AKB) pandemi Covid-19, tidak menyurutkan masyarakat yang sudah rindu untuk berlibur. Mereka banyak menyerbu sejumlah objek wisata yang berada di kawasan Lembang dan sekitarnya.

Antrean kendaraan dan keramaian wisatawan terlihat di objek wisata seperti The Great Asia Africa, Farm House, TWA Gunung Tangkuban Parahu, Floating Market, Lembang Park and Zoo, serta sentra oleh-oleh dan rumah makan di sepanjang Jalan Raya Lembang.

Terkit kesiapan personel menghadapi longweekend kali ini, pihaknya menyiagakan 100 personel Satlantas yang disebar di sejumlah titik di kawasan Lembang, terutama di objek wisata dan pusat keramaian.

"Ada 100 personel yang disiagakan. Mereka tersebar seperti di Farm House, Simpang Beatrix, Simpang Grand Hotel, Alun-alun Lembang, Pasar Panorama, dan simpang Cikole menuju Maribaya," pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers